Perlu Akses Jalan Cepat ke Objek Wisata Pantai Selatan DIY

Yogyakarta - Objek wisata pantai selatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang membentang dari wilayah Kabupaten Gunungkidul, Bantul hingga Kabupaten Kulonprogo, cukup potensial dan layak jual, kata Ketua Forum Silaturahmi Insan Pariwisata (Fosipa) Indonesia Sarbini.

"Jika akses jalan menuju objek wisata tersebut sudah memadahi, diyakini objek wisata di sepanjang pantai selatan DIY akan banyak dikunjungi wisatawan, baik nusantara maupun wisatawan mancanegara," katanya di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, selama ini akses jalan menuju objek wisata tersebut sebagian belum bisa dilewati bus besar, padahal akses jalan yang memadai akan memudahkan wisatawan berkunjung ke objek wisata itu.

Ia menyebutkan sejumlah objek wisata pantai di wilayah Gunungkidul yang dinilai cukup menarik dikunjungi terutama pantai dengan pasir putih dan lingkungannya yang masih alami karena belum tercemar, di antaranya Pantai Sundak, Wedi Ombo, dan Pantai Siung.

Kemudian di Bantul terdapat Pantai Parangtritis dan Depok. Di Kabupaten Kulonprogo ada Pantai Glagah dan Trisik.

Menurut dia, objek wisata pantai selatan tersebut jika dikembangkan dan dikelola dengan baik, bisa menjadi objek wisata unggulan di provinsi ini dan layak jual bagi wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara.

"Promosi objek wisata pantai di DIY harus digalakkan, baik di dalam maupun luar negeri guna menarik minat wisatawan mengunjungi objek wisata tersebut," kata Sarbini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata DIY Tazbir mengatakan potensi keindahan objek wisata pantai selatan DIY khususnya Gunungkidul, selama ini belum tergarap optimal.

Bahkan, kata dia, promosi objek wisata itu sangat kurang, dan pembangunan infrastruktur jalan masih menghadapi banyak kendala. "Umumnya jalan menuju objek wisata pantai selatan Gunungkidul sempit dan berkelok-kelok," katanya.

Selain itu, jarak tempuh dari kota Yogyakarta juga sangat jauh. "Dari kota Yogyakarta menuju beberapa pantai di Gunungkidul dibutuhkan waktu tempuh sekitar tiga jam dengan mobil," katanya.

Meski demikian, kata dia, pemandangan alam yang ditawarkan beberapa objek wisata pantai di kabupaten ini sangat indah, sehingga diyakini akan menarik minat wisatawan berkunjung ke objek wisata yang ada, seperti Pantai Siung, Wedi Ombo, Sadeng, Pantai Drini, dan sejumlah pantai lainnya yang berpasir putih.

"Bagi investor, peluang untuk menanamkan modalnya di objek wisata pantai di Gunungkidul dinilai tidak rugi. Apalagi saat ini pengurusan perizinannya semakin dipermudah," katanya.

Sumber: http://www.antaranews.com
-

Arsip Blog

Recent Posts