14 Klub Barongsai Meriahkan Festival Calamoa 2010

Tanjungpandan - Sebanyak 14 klub barongsai dari delapan provinsi mengikuti festival Calamoa atau kompetisi barongsai 2010 di Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung (Babel), 19-21 Februari.

Delapan provinsi yang mengikuti festival Calamoa 2010 yaitu Provinsi Babel, Kalimatan Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Sumatera selatan dan Bengkulu.

Gubernur Babel, Eko Maulana Ali di Tanjungpandan, Jumat, mengatakan, festival Calamoa dilaksanakan untuk pertama kalinya untuk mendukung program "Visit Babel Archi 2010".

"Festival Calamoa pertama kali dilaksanakan di Babel dan kami berharap pada tahun mendatang festival calamoa tetap dilaksanakan dan dijadikan sebagai kegiatan tahunan," ujarnya.

Ia mengatakan, peserta festival Calamoa yang diikuti 14 klub barongsai dari delapan provinsi, pada festival selanjutnya dapat bertambah lebih banyak lagi.

Sementara itu Bupati Belitung, Darmansyah Husein, mengatakan, festival Calamoa yang dihadiri delapan provinsi dapat berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan yang berarti.

"Kami berharap festival Calamoa yang baru pertama kali dilaksanakan ini dapat berjalan sukses hingga pada saat penutupan nanti," ujarnya.

Ia menjelaskan, Calamoa yang diambil dari Pulau Kalimua yang berada di depan Pantai Tanjungpendam merupakan simbol pemersatu antar umat beragama di Belitung.

"Festival Calamoa atau kompetisi barongsai ini kami ambil dari nama Pulau Calamoa atau Pulau Kalimua yang berada di depan Pantai Tanjungpendam Belitung yang merupakan simbol pemersatu antar umat beragama," katanya.

Festival Calamoa yang dibuka Gubernur Babel, Eko Maulana Ali, dimeriahkan oleh Barong Bali, Kungfu Shaolin, Wushu, kesenian Beripat Beregong dan permainan musik kecapi nasional. (T.PK-KMN/R009)

Sumber: http://www.antaranews.com
-

Arsip Blog

Recent Posts