Babel Rutin Gelar Kegiatan Seni dan Budaya

Pangkalpinang - Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) akan menggelar kegiatan seni dan budaya secara rutin, untuk mengembangkan dan melestarikan kesenian tradisional serta budaya daerah.

"Kami mendorong pemerintah kabupaten dan kota di Babel untuk menggelar kegiatan seni dan budaya secara rutin, sehingga bisa dilestarikan, dikembangkan dan terus diwariskan kepada generasi muda," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel, Yan Megawandi di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan, Pemprov Babel siap menyediakan anggaran Rp1,5 juta setiap minggu bagi daerah kabupaten dan kota yang menggelar kegiatan seni dan budaya.

"Suntikan dana Rp1,5 juta itu merupakan motivasi bagi daerah kabupaten agar mereka lebih kreatif dengan menggelar kegiatan seni dan budaya daerahnya masing-masing," ujarnya.

Menurut dia, pergelaran seni dan budaya daerah merupakan daya tarik pariwisata selain sejumlah objek wisata yang menarik dan eksotis.

"Kami mengharapkan kesenian dan kebudayaan daerah Babel memiliki daya tarik bagi wisatawan baik nusantara dan mancanegara, sehingga mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Babel," ujarnya.

Selain itu, kata dia, pergelaran kesenian dan kebudayaan daerah merupakan upaya melestarikan, mengembangkan dan mewariskan kepada generasi muda.

"Dengan terus digelar pertunjukan kesenian dan kebudayaan tradisional akan semakin lengket di tengah generasi muda sehingga kesenian dan kebudayaan daerah tidak tergilas oleh perkembangan zaman," ujarnya.

Yan juga mengatakan, digelarnya kesenian dan kebudayaan secara rutin juga memiliki efek terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.

"Setidaknya kegiatan tersebut dapat menghidupkan perekonomian masyarakat kecil, jadi orientasinya tidak hanya kepada sektor kepariwisataan tetapi juga menyentuh sektor lainnya," katanya. (JY)

Sumber: http://oase.kompas.com
-

Arsip Blog

Recent Posts