Cimahi Kembangkan Wisata Heritage

Cimahi - Pemerintah Kota Cimahi menyiapkan rancangan pembentukan kawasan ”Wisata Heritage Kota Cimahi”. Upaya itu dilakukan sebagai salah satu cara untuk melindungi bangunan atau benda cagar budaya yang ada di Cimahi. Selain itu, keberadaannya pun dapat menjadi potensi wisata.

Kepala Seksi Budaya dan Pariwisata pada Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan, dan Pertanian (Diskopindagtan) Kota Cimahi Wawan Darmawan mengatakan, dengan banyaknya bangunan heritage (warisan masa lalu) di Cimahi bisa menjadi kawasan wisata sejarah yang potensial. Sayangnya, sampai saat ini, belum ada data berapa jumlah bangunan yang termasuk dalam bangunan heritage tersebut.

”Kami bersama dengan LSM Bandung Heritage pernah melakukan survei terkait dengan keberadaan bangunan heritage di Cimahi. Namun, terhadap survei itu masih harus dilakukan pemilahan kembali. Mana yang termasuk heritage dan mana yang bukan,” katanya.

Wawan mengatakan, salah satu kriteria bangunan bersejarah itu adalah telah berusia lima puluh tahun. Pada kenyataannya, saat ini banyak bangunan yang sudah berusia lima puluh tahun tetapi tidak semuanya memiliki nilai sejarah.

Kota Cimahi merupakan kota yang memiliki bangunan-bangunan heritage yang cukup menarik dan berpotensi untuk dikembangkan menjadi salah satu objek dan daya tarik wisata kota. Namun, diakui Wawan, belum terjalin koordinasi yang baik antara pemerintah dan pengelola tempat bersejarah, khususnya yang berada di kawasan militer. Berdasarkan
survei Bandung Heritage, mayoritas bangunan heritage di Kota Cimahi berada di kawasan militer, dan sebagian besar pun masih dalam kondisi aktif atau masih digunakan.

Konsep wisata heritage tersebut diangkat karena wisata tersebut merupakan bagian dari wisata khusus yang saat ini sudah mulai banyak diminati masyarakat. Jika hal tersebut dapat diwujudkan maka akan menarik banyak wisatawan untuk datang ke Cimahi. Tak menutup kemungkinan juga akan menarik para investor untuk berinvestasi di Cimahi. (A-177/A-147)

Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com
-

Arsip Blog

Recent Posts