DIikuti 42 Negara Festival Layang-layang Dunia Siap Digelar

Balikpapan - Sebanyak 42 negara telah menyatakan diri untuk mengikuti festival layang-layang internasional bertajuk “Borneo’s International Kite Festival 2010”, yang akan digelar di Pantai Manggar Segara Sari, Balikpapan Timur, 19-21 Februari 2010 mendatang.

Festival layang-layang ini, dihelat dalam rangka memeriahkan HUT ke-113 Kota Balikpapan. Menurut Ketua Panitia Allan Salahudin, festival layang-layang ini dibagi tiga ketegori. Masing-masing, kategori SD menggambar layang-layang, sesuai dengan tema Climate Change yang diberikan panitia.

Lalu, ketegori SMP-SMA, menggambar sekaligus membuat layang-layang tradisional. Sedangkan kategori umum, dalam bentuk ekshibisi memainkan layang-layang untuk memecahkan rekor dunia Guinness World Book of Records, yang saat ini dipegang Gaza Israel.

“Untuk saat ini, yang pegang record adalah Gaza Israel yang berhasil menerbangkan secara bersama-sama sebanyak 3.710 layang-layang. Jadi 3.711 layang-layang saja Balikpapan sudah bisa memecahkan rekor dunia dari Guinness World Book of Records,” ujar Allan.

Alan mengaku, respon pencinta layang-layang yang ada pada berbagai negara di dunia cukup baik terhadap ajang ini. Pasalnya, setelah diinformasikan di masing-masing kedutaan, seluruh peserta yang berminat langsung menghubungi panitia.

“Para pencinta layang-layang ini sebagian besar mendapat informasi dari kedutaan Negara mereka masing-masing yang ada di Indonesia,” terangnya. Rencananya kata dia, karena festival layang-layang ini masih terkait dengan pariwisata, pihaknya akan mengundang Menteri Pariwisata Jero Wacik dan Gubernur Kaltim H Awang Farouk Ishak.

Tentu saja, duet pemimpin Balikpapan, Wali Kota Balikpapan H Imdaad Hamid SE dan Wakil Wali Kota HM Rizal Effendi SE, juga bakal hadir meramaikan acara. Undangan, juga termasuk sejumlah perwakilan negara sahabat.(vie)

Sumber: http://www.metrobalikpapan.co.id
-

Arsip Blog

Recent Posts