Festival Budaya Indonesia Digelar di 6 Kota Rusia

London - Festival budaya Indonesia akan digelar di enam kota di Rusia dalam rangka memperingati ulang tahun ke-60 hubungan bilateral kedua negara.

Selain pementasan budaya juga akan digelar aneka diskusi, penerbitan buku, dan perangko, ujar Counsellor KBRI Moskow Aji Surya kepada korespodnen Antara London, Rabu.

Dikatakannya peringatan ulang tahun hubungan kedua negara tahun 2010 akan diperingati dengan meriah.

Sementara itu Dubes RI di Moskow, Hamid Awaludin, mengatakan bahwa budaya merupakan media yang paling efektif untuk mendekatkan masyarakat yang berbeda.

Pemahaman budaya yang mendalam atas bangsa lain akan memberikan manfaat dalam dimensi yang banyak. Melalui momentum ulang tahun 60 hubungan bilateral ini diisi dengan kegiatan budaya Indonesia.

Menurut Dubes, salah satu bidikan dari kegiatan akbar ini adalah mengalirnya turis Rusia yang lebih deras ke Indonesia.

Dikatakannya jika selama ini hanya Bali yang menjadi tujuan, mulai tahun ini diupayakan ada diversifikasi ke berbagai tujuan wisata lainnya.

Festival budaya akan dimuai dengan gala premier dilanjutkan pentas seni tradisional Indonesia, festival film Indonesia serta pameran foto dan lukisan. Kegiatan itu akan merambah keenam kota besar yakni Moskow, St. Petersburg, Vladivostok, Tver, Kazan dan Tomsk.

Berbagai persiapan menuju perhelatan akbar tersebut sudah dimulai sejak sebelum tutup tahun 2009. Tim dari Departemen Kebudayaan dan Pariwisata bersama KBRI Moskow melakukan negosiasi atas berbagai fasilitas yang akan digunakan dalam rangka perayaan 60 tahun tersebut dengan pemerintah Rusia.

Sementara di dalam negeri sedang dimatangkan tim seni yang akan berangkat yang melibatkan dua kota budaya yaitu Jakarta dan Jogjakarta. Tidak tertutup kemungkinan dari daerah lain akan ikut serta.

Menurut M Aji Surya, saat ini Moskow, Tver dan St. Petersburg sudah bersiap menyambut perhelatan akbar budaya yang akan datang dari Indonesia.

Mereka akan ditampilkan tidak hanya di panggung paling bergengsi di tiap kota, melainkan juga di berbagai universitas yang berisi anak-anak muda Rusia, museum dan bioskop. Sedangkan tiga kota lainnya masih dalam taraf pematangan lebih lanjut.

KBRI Moskow mulai awal tahun ini juga meluncurkan suatu logo ulang tahun ke-60 yang mencerminkan hubungan yang harmonis dan semakin maju antara kedua bangsa.

Bahkan, semua surat menyurat dan administrasi akan memampangkan logo dimaksud. Semua itu untuk meningkatkan awareness dan ownership kegiatan.

Kegiatan ulang tahun ke-60 hubungan bilateral yang sama telah dilaksanaan Rusia di Jakarta dan Jogjakarta tahun lalu dengan mendatangkan sekitar 55 artis ternama. Kini giliran Indonesia secara resiprokal melakukannya di Rusia dalam skala yang lebih besar, demikian M Aji Surya.

Sumber: http://antaranews.com
-

Arsip Blog

Recent Posts