Festival Layang-Layang Pecahkan Rekor Dunia

Sekitar 6.000 layang-layang diterbangkan serempak di Pantai Manggar, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, dalam Borneo International Kite's Festival 2010, kemarin. Acara itu mampu memecahkan rekor dunia dan dicatat dalam Guinness Book of Records.

"Acara ini adalah kado spesial untuk Balikpapan yang merayakan hari jadinya ke-113. Ini juga menjadi ajang pembuktian bahwa kota ini memiliki potensi wisata, dan mampu menggelar acara bertaraf internasional," kata Wakil Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi.

Kegiatan bertaraf internasional itu diyakini sangat bagus untuk promosi daerah. Ke depan, pemkot berencana menggandeng pemprov serta kabupaten/kota lain di Kaltim jika Balikpapan dipercaya menggelar acara internasional. "Jadi yang dipromosikan tidak hanya Balikpapan, tapi juga daerah lain se-Kaltim.

"Borneo International Kite's Festival diikuti peserta dari 16 negara. Pemecahan rekor melibatkan pelajar dari 60 sekolah di Balikpapan serta warga Kota Balikpapan dan sekitarnya.

Ketua Panitia Festival Layang-Layang Alan Salehuddin mengatakan kegiatan itu dapat dijadikan awal memperkenalkan Balikpapan sebagai tempat ideal untuk menggelar acara internasional. "Mungkin awalnya layang-layang, tapi tidak menutup kemungkinan untuk mengadakan event permainan dunia lainnya." (SY/N-3)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com
-

Arsip Blog

Recent Posts