Figura Budaya Lokal Perlu Dilestarikan

Manado - Sekretaris Daerah Kota Manado, GSV Lumentut mengatakan kegiatan figura merupakan budaya lokal yang dimiliki warga Manado perlu dilestarikan.

"Budaya lokal yang berkembang di masyarakat harus dipelihara bahkan ditingkatkan, " kata Lumentut pada Festival Figura dan Karnaval Kuliner di Kelurahan Mahakeret Barat Manado, Sabtu.

GSV Lumentut mengatakan festival tersebut pada waktu mendatang dapat dikemas menjadi lebih baik sehingga akan semakin menarik untuk disaksikan turis.

Kegiatan ini akan menjadi daya tarik bagi Kota Manado sebagai kota tujuan pariwisata. "Pemerintah memberikan apresiasi positif bagi masyarakat yang terus mempertahankan budaya ini serta menggelar kegiatan tersebut," kata Lumentut.

Mantje Nelwan, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Mahakeret Barat mengatakan, figura telah dilakukan masyarakat di wilayah itu sejak lama, sebagai kunci tahun lama dan memasuki tahun baru.

"Pelaksanaan figura tersebut juga tergambar rasa persaudaraan, kebersamaan dan kesatuan dari masyarakat," katanya.

Dia menambahkan, kegiatan ini juga untuk menyukseskan Manado sebagai Kota Pariwisata Dunia (MKPD) 2010.

Frangky Lasede Ketua Panitia Festival Figura dan Karnaval Kuliner mengatakan figura bukan sekedar hiburan, tetapi budaya yang dimiliki kota Manado. "Figura merupakan salah satu aset budaya dimiliki Manado, sehingga perlu dipertahankan," kata Lasede.

Festival figura diikuti sektar 200 peserta dengan ketegori anak-anak dan dewasa.

Dalam festival figura ini, antara lain peserta perempuan memakai pakaian laki-laki, yang laki-laki memakai pakaian perempuan, orang tua berpakian anak sekolah dasar.

Dalam festival ini juga peserta menampilkan beberapa figur masyarakat kota itu seperti sebagai tukang sapu jalan, petugas satpam, tentara, penari cakalele maupun lainnya.

Para peserta berjalan mengelilingi kelurahan tersebut sambil menampilkan atraksi menarik, dan membuat warga yang menyaksikannya tertawa.

Sumber: http://oase.kompas.com
-

Arsip Blog

Recent Posts