Palembang Tuan Rumah Festival Keraton Nusantara

Palembang - Kota Palembang, Sumatra Selatan , menjadi tuan rumah Festival Keraton Nusantara VII pada akhir September 2010, kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel Moehammad Jhonson, pada rapat persiapan Festival Keraton Nusantara VII di Palembang, Rabu.

Dia mengatakan, festival tersebut untuk melestarikan nilai-nilai budaya yang ada di nusantara.

Namun, kata dia, yang tidak kalah pentingnya, festival tersebut merupakan upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke berbagai daerah di Nusantara, termasuk Sumsel.

Dia mengatakan, selain itu festival juga untuk mempromosikan kebudayaan yang ada di provinsi yang memiliki 15 kabupaten dan kota tersebut.

Keraton merupakan bagian dari wisata karena memiliki berbagai benda peninggalan kesultanan sehingga festival tersebut perlu disukseskan, kata dia.

Oleh karena itu festival yang diselenggarakan di Palembang itu perlu didukung seluruh lapisan masyarakat agar berlangsung meriah, ujar dia.

Sementara itu, Sultan Palembang Iskandar mengatakan, festival itu akan menampilkan antara lain pameran benda purbakala, makanan khas keraton, dialog budaya, dan kirab agung.

"Festival itu akan mengambil tema, peranan keraton dalam lingkungan hidup, sehingga festival itu juga akan diisi kegiatan penanaman pohon," kata Iskandar. (T.U005/R009)

Sumber: http://www.antaranews.com
-

Arsip Blog

Recent Posts