Pandu Wisatawan, Disusun Jadwal Acara Wisata Seluruh DIY

Yogyakarta - Mulai tahun ini, Dinas Pariwisata DIY akan mengeluarkan jadwal acara-acara wisata dan budaya di seluruh DIY selama satu tahun penuh. Ini untuk menjadi panduan bagi wisatawan yang berkunjung di DIY. Diharapkan dengan cara ini akan dapat semakin mendongkrak jumlah kunjungan wisata.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Tazbir menyatakan, pihaknya menargetkan kunjungan wisatawan ke DIY selama tahun 2010 meningkat sebesar 10 persen dari 2009. Untuk itu beberapa terobosan dilakuka n untuk mencapai target itu di antaranya menerbitkan jadwal acara-acara wisata dari seluruh kabupaten/kota di DIY selam satu tahun.

"Sekarang sedang disusun, sebentar lagi akan dikeluarkan jadwal event -event wisata. Ini menjadi panduan, dengan begitu tidak ada wisatawan yang bilang saya tidak tahu ada event itu ketika berkunjung ke DIY itu," katanya.

Diungkapkan dia, belajar dari pengalaman tahun 2009 dan sebelumnya, sejumlah acara-acara budaya dan acara wisata lainnya yang potensial menyedot kunjungan wisatawan domestik dan luar negeri relatif digelar mendadak. Hal itu menyulitkan upaya promosi guna mengundang wisatawan dalam jumlah besar untuk menyaksikan acara itu.

"Sulit mengundang orang bila dadakan. Mulai tahun ini kita perbaiki, kita petakan seluruh event wisata, ada acara apa di Sleman, B antul, Kulon Progo, Kota dan Gunung Kidul. Mana yang skalanya nasional? Dari jadwal itu bisa terlihat event wisata di DIY selama satu tahun," katanya.

Sumber: http://travel.kompas.com
-

Arsip Blog

Recent Posts