Pemkab Halbar Survei Potesnis Wisata Selam

Maluku - Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara (Malut), bekerjabsama dengan penyelam dari salah satu klub selam di Malut melakukan survei potensi wisata selam pada sejumlah kawasan perairan di daerah itu.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Halbar, Kalbi Rasyid, ketika dihubungi di Jailolo, Jumat, mengatakan, dalam survei tersebut, tim menemukan sedikitnya tujuh lokasi yang sangat potensial menjadi tempat wisata selam.

Tujuh titik yang ada di lokasi, dua di antaranya terletak di sekitar Loloda tersebut, selain memiliki keragaman terumbu karang dan jenis ikan, serta juga tingkat kejernihannya sangat bagus.

"Kondisi terumbu karang di tujuh lokasi tersebut umumnya masih dalam kondisi baik. Keindahannya tidak kalah jika dibandingkan dengan terumbu karang yang ada di Bunaken, Sulawesi Utara," ujar Kalbi.

Pemkab Halbar akan menjadikan tujuh lokasi tersebut sebagai tujuan wisata selam di Halbar. Pada penyelenggaraan teluk Jailolo 2010, ketujuh lokasi tersebut juga akan menjadi lokasi kegiatan dalam festival itu.

Ia mengatakan, Pemkab akan memberikan kemudahan kepada investor baik dari dalam maupun luar negeri yang berminat mengelola potensi wisata selam di Halbar. Kemudahan itu, diantaranya dalam perizinan dan dukungan sarana penunjang.

Halbar memiliki potensi wisata lainnya, seperti peninggalan sejarah, pantai pasir putih dan panorama alam. Di daerah ini juga terdapat berbagai flora dan fauna khas Halmahera yang dapat menjadi tujuan wisata ilmu pengetahuan.

Kalbi mengatakan, Pemkab Halbar tengah mengupayakan pembangunan bandara di Jailolo, ibukota Kabupaten Halbar untuk memudahkan transportasi dari dan ke Halbar, terutama bagi para wisatawan.

Selama ini, untuk mencapai Halbar, harus melalui Ternate, kemudian melanjutkan perjalanan ke Jailolo menggunakan perahu motor atau speed boat selama satu jam dengan tarif Rp25.000 per orang.

"Sarana akomodasi dan rumah makan di Halbar cukup memadai meskipun belum ada hotel berbintang. Oleh karena itu, wisatawan yang berkunjung ke Halbar dijamin tidak akan kesulitan akomodasi atau mencari rumah makan," kata Kalbi.

Sumber: http://beritadaerah.com
-

Arsip Blog

Recent Posts