Pesta Teluk Meriahkan Sail Banda

Pemerintah Kota Ambon akan menggelar pesta teluk untuk memeriahkan kegiatan Sail Banda yang penyelenggaraannya dijadwalkan pada Juli-Agustus 2010 mendatang.

"Kami akan menggelar pesta teluk di Teluk Dalam Ambon untuk menggugah para peserta Sail Banda," kata Wali Kota Ambon Jopi Papilaja, di Ambon, Senin (15/2).

Peserta acara itu antara antara lain 1.500 remaja nusantara maupun turis asing dan puncak kegiatannya, pada 3 Agustus, dan rencananya akan dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Pesta teluk menampilkan lomba renang, lomba mancing, lomba perahu tradisional (semang) dan kegiatan bersih laut.

"Kami akan menggugah peserta Sail Banda dengan harapan sekembalinya ke masing-masing negara akan mempromosikan pesona bawah laut Ambon maupun potensi pariwisata sejarah/budaya dan kondisi stabilitas keamanan daerah ini sehingga tidak ragu berkunjung ke ibu kota provinsi Maluku," ujar Papilaja.

Pemerintah kota juga mendukung pengembangan Teluk Dalam Ambon dengan program kota tepi air yang telah disetujui Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk didanai.

"Sail Banda yang digelar dengan tujuan mempromosikan potensi bahari Maluku itu bakal meningkatkan jumlah kunjungan turis di Ambon. Jadinya masyarakat Ambon jangan hanya bangga dengan sebagian besar kegiatan Sail Banda dipusatkan di sini, tetapi harus memanfaatkan event tersebut sebagai peluang usaha untuk meningkatkan kesejahteraan," lanjut Papilaja.

Pemkot Ambon juga mendorong masyarakat mengembangkan rumahnya menjadihome stay karena turis asing lebih meminati tinggal berbaur dengan masyarakat.

Kehadiran Presiden SBY di Ambon yang dijadwalkan pada 3 Agustus juga diprogramkan untuk mencanangkan Maluku sebagai lumbung pangan ikan nasional.

Berdasarkan SK Presiden tertanggal 14 Desember 2009, lokasi Sail Banda akan dilaksanakan di Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah, Kota Ambon, dan Tiakur, ibu kota Kabupaten Maluku Barat Daya. (Ant/*/Ol-5)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com
-

Arsip Blog

Recent Posts