Solo Promosi ke Singapura-Malaysia

Solo - Kehadiran kelompok Solo Batik Carnival atau SBC dalam Festival Chingay Singapura pada 19-20 Februari mendatang diharapkan menjadi lompatan besar bagi Kota Solo untuk mempromosikan potensi pariwisata di Singapura dan Malaysia. Selain memberi pencitraan yang kuat bagi Solo, penampilan SBC diharapkan mampu menggaet wisatawan asing untuk berkunjung ke Solo dan sekitarnya.

Harapan besar tersebut disampaikan Wali Kota Solo Joko Widodo, Minggu (14/2/2010). Kemarin, Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi menyaksikan langsung persiapan kelompok SBC tampil dalam Festival Chingay. Para anggota SBC melakukan geladi bersih di kawasan Ngarsopuro, Solo.

"Saya berharap pada acara ini (Festival Chingay Singapura) penampilan dari Solo benar-benar akan mem-branding Kota Solo di luar negeri. Apalagi, nanti festival ini akan diikuti 50 negara. Dalam acara ini, peserta dari Solo paling banyak. Negara-negara lain hanya mengirim 10 sampai 15 orang, kita lebih dari 100 orang," ujar Jokowi.

Promosi ke biro wisata
Oleh karena itu, festival ini akan dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh Pemerintah Kota Solo bersama pelaku pariwisata untuk menarik para wisatawan asing. Selain mengikuti festival, Jokowi akan menggelar acara business matching dengan para pelaku pariwisata dari Singapura dan Malaysia di Kedutaan Besar RI di Singapura, pada tanggal 21 April mendatang.

"Ini akan menjadi acara promosi Solo karena seluruh biro perjalanan pariwisata di Singapura dan Malaysia diundang hadir pada acara tersebut," papar Jokowi.

Penerbangan
Dalam acara tersebut, selain mengangkat semua potensi pariwisata di Kota Solo dan Solo Raya termasuk paket pariwisata, Jokowi akan memperkenalkan Bandara Adisumarmo Surakarta yang melayani pelayanan langsung Solo-Singapura dan Solo-Kuala Lumpur (Malaysia).

"Selama ini belum banyak wisatawan asing yang tahu bahwa ada penerbangan langsung dari Singapura ke Solo. Saya harap promosi kami bisa menarik wisatawan lebih besar," ujarnya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo Purnomo Subagyo menambahkan, dalam acara pertemuan dengan para pelaku wisata di Singapura nanti, Pemkot Solo akan membagikan kalender pariwisata yang berisi berbagai agenda pariwisata Kota Solo dalam setahun.

"Promosi ini sangat manjur, beberapa tahun terakhir wisatawan yang datang ke Solo meningkat," ujarnya. (SON)

Sumber: http://travel.kompas.com
-

Arsip Blog

Recent Posts