Wali Kota Sambut Turis Perdana Tahun 2010

Rombongan turis dari Singapura tiba sekitar pukul 08.00 WIB menggunakan ferry Penguin. Mereka disambut bak tamu istimewa. Kalungan bunga diberikan pada dua turis pertama yang datang. Wali Kota juga memberikan mereka cinderamata berupa parsel.

“Batam sudah seperti rumah kami. Masyarakat Batam sudah seperti saudara karena kita serumpun, sama-sama melayu. Tak Melayu Hilang di Bumi,” ujar Azhar, seorang turis Singapura kepada Dahlan usai menerima kalungan bunga.

Asnah, turis berikutnya juga mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat dari Wali Kota. “Mudah-mudahan Batam akan lebih berjaya di tahun ini,” harapkan disambut ucapan selamat datang oleh Wali Kota.

Dahlan sendiri mengharapkan di tahun 2010, sektor pariwisata di Batam bisa lebih ditingkatkan “Beberapa waktu belakangan memang terjadi penurunan jumlah kunjungan wisatawan.

Namun saya melihat itu hal wajar karena dunia saat ini sedang mengalami krisis global, intensitas perjalanan masyarakat dunia sedikit berkurang. Saat ini target riil jumlah kunjungan wisata ke Batam adalah sebanyak 1,2 juta orang,” ujarnya.

“Bali terkenal sebagai tempat kunjungan para wisatawan, namun meraka butuh waktu panjang untuk mewujudkan hal itu. Saya berharap kerjasama semua masyarakat untuk menunjang Visit 2010 ini.

Pemerintah berperan sebagai pendorong saja, berikutnya kami mengharapkan peran masyarakat dan swasta,” tambah Dahlan.

Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Batam, cara yang akan ditempuh adalah dengan memberikan kemudahan akses informasi dan peningkatan fasilitas infrastruktur di Kota Batam. “Visit Batam tidak hanya difokuskan untuk meningkatkan jumlah wisatawan, namun bagaimana cara kita secara bersama-sama menata dunia wisata tersebut dengan baik,” cetus Wali Kota.

Sebelumnya, Dahlan mengatakan pengembangan dunia wisata tidak lengkap hanya pada penataan infrastruktur dan memperbanyak event. Masyarakat juga perlu sadar wisata hingga membuat tamu yang datang aman dan nyaman.

Seluruh komponen masyarakat dan instansi terutama yang terdepan dalam penyambutan tamu perlu menunjukkan sikap ramah dan melayani tamu dengan senyum. “Dengan demikian wisatawan benar-benar bisa menikmati keanekaragaman budaya dan objek wisata yang kita miliki di sini. Itulah dia, experience it,” sebut dia, beberapa waktu lalu.

Pada saat penyambutan turis tersebut, Dahlan juga didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Guntur Sakti, Kepala Disperindag Ahmad Hijazi, Kepala Dinas Kebersihan dan Pasar Azwan, Kepala Dinas Tata Kota Gintoyono, Kabag Humas Yusfa Hendri. Terlihat pula Kasub Bag Humas dan Dokumentasi BP Batam diwakili Dwi Joko Wiwoho. (san)

Sumber: http://tribunbatam.co.id
Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign