Makassar Kembangkan Pasar Wisata

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Makassar akan mengembangkan pasar wisata untuk mengakomodir kebutuhan wisatawan China dan Jepang yang sangat menyukai produk khas Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Makassar, Russmayani Madjid saat dihubungi di Makassar, Selasa (16/3) kemarin, mengatakan pengembangan pasar wisata itu telah dikonsultasikan dengan PD Pasar Makassar Raya dengan rincian wisatawan Jepang di Makassar mencapai 10 persen dan China sekitar 15 persen dari total kunjungan 30 ribu per tahun.

"Kita upayakan pasar wisata itu ada sebelum Visit Makassar 2011," ujarnya.

Dia mengaku, wisatawan mancanegara maupun domestik yang berkunjung ke daerah ini cukup meminati pasar-pasar tradisional yang menjajakan souvenir atau kerajinan-kerajinan masyarakat Sulsel.

Sedangkan menurut Direktur Utama PD Pasar Makassar Raya, Djamaluddin Yunus, mengaku pihaknya saat ini tengah menajajaki lokasi pasar yang cocok untuk dijadikan pasar wisata sesuai keinginan Disbudpar Makassar.

"Memang pusat penjualan souvenir banyak di sini, tetapi pasar yang khusus melayani wisatawan itu belum ada," ujarnya. Menurut dia, kemungkinan besar pasar wisata tersebut akan dibangun di daerah timur Makassar, tepatnya di daerah Mandai, menggantikan Pasar Mandai yang sudah lama.

Nantinya, keberadaan pasar Mandai yang memiliki dua lantai itu, lantai satunya akan tetap menjadi pasar tradisional yang menjual berbagai barang kebutuhan pokok, sedangkan lantai duanya akan dijadikan sebagai pasar wisata. Pertimbangan pasar wisata dikembangkan di daerah itu karena lokasi pasar wisata tersebut relatif dekat dari bandar udara. (Ant/OL-08)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com
Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign