Batik Tulis Solo Dikagumi Menteri Perdagangan China

Menteri Perdagangan China, Chen Deming mengatakan kagum dengan cara pelestarian batik tulis di Kota Solo dengan banyak corak dan filosofi hampir seperti yang dilakukan di negaranya.

"Ada etnis minoritas di Negara China yang melakukan sama seperti di Indonesia melestarikan batik dengan dimodifikasi tetapi cara printing," kata Chen Deming di sela-sela kunjungannya di Moseum Batik Danar Hadi Solo, Minggu.

Menurut Chen, kunjungannya ke Kota Solo adalah ingin melihat langsung cara pembuatan batik tulis yang memilik banyak corak dan ada sejarahnya yang disimpan dalam moseum batik di Solo.

Selain itu, Chen juga melihat langsung banyak candi di kota ini, yang dijadikan tempat pariwisata dan budaya religius atau mereka mempunyai keterbukaan tentang agama.

Menurut dia, Solo merupakan kota budaya salah satu daerah di Indonesia yang akan diundang ikut Shanghai Expo yang akan digelar mulai tanggal 1 Mei 2010, di China.

Batik Solo akan dipromosikan dalam Shanghai Expo 2010, sehingga banyak masyarakat China mengenali dan mereka akan menunjungi kota ini.

Menurut dia, Shanghai Expo di China, mulai 1 Mei mendatang diperkirakan akan dikunjungi puluhan juta orang.

Mendag China dalam kunjungan di Moseum Batik Danar Hadi Solo mencoba langsung cara membatik tulis dengan menorehkan malam (bahan untuk membatik) di kain putih yang sudah memilik corak. (ANT/B21)

Sumber: http://berita21.com
-

Arsip Blog

Recent Posts