Dua Event Akbar Pariwisata Akan Digelar di Lombok

Mataram, NTB - Dua event akbar pariwisata yakni Lombok Sumbawa Pearl Festival 2010 dan Indonesia MICE & Corporate Travel Mart (IMCTM) akan digelar di The Santosa Villas & Resort Sengigi, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 6-9 Mei 2010.

Penyelenggaraan kedua event tersebut sebagai upaya mempromosikan potensi daerah Lombok-Sumbawa sebagai penghasil mutiara bertaraf internasional yang mampu menjadi daya tarik wisatawan sekaligus mendorong kegiatan MICE (Meeting, Incentive, Convetion and Exhibition).

"Dua event akbar pariwisata ini merupakan kelanjutan dari acara pencanangan Visit Lombok Year 2012 beberapa waktu lalu, yang mentargetkan 1 juta kunjungan wisman," kata Dirjen Pemasaran Kemenbudpar DR. Sapta Nirwandar dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kamis (22/4) sehubungan akan ditgelarnya kedua event tersebut.

Menurut Sapta, target kunjungan 1 juta wisman optimistis akan tercapai mengingat kuatnya komitmen Gubernur NTB dalam mengembangkan industri pariwisata yang ditandai dengan gencarnya pembangunan infrastruktur antara lain mulai beroperasiknya bandar udara baru Lombok pada Juli 2010 mendatang. "Ke depan kita harapkan proses budidaya dan perdagangan mutiara di Lombok dapat dijadikan sebagai atraksi wisata yang dapat menarik banyak kunjungan wisatawan ," katanya.

Hal senada juga disampaikan Kadisbudpar NTB Lalu Gita Ariadi, Lombok akan menjadi pusat perdagangan mutiara internasional, sehingga diharapkan banyak wisman yang datang baik sebagai pedagang atau pun sekadar ingin menikmati paket wisata antara lain melihat proses budidaya mutiara oleh petani serta pengelolaannya sebagai permata dan cinderamata. "Kami akan melakukan berbagai upaya agar branding terhadap mutiara yang dihasilkan oleh petani mutiara dari NTB lebih dikenal ke seluruh dunia," katanya.

Menurut rencana Presiden RI dan isteri Ani Yudhoyono akan membuka Lombok Sumbawa Pearl Festival 2010 sekaligus melakukan panen mutiara yang ditanamnya tahun lalu. Dalam kegiatan festival yang difasilitasi Kemenbudpar dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB itu juga dilakukan pameran mutiara sekaligus mempertemukan antara pembeli dan penjual, pemilihan duta mutiara, fashion show dengan perhiasan mutiara serta pertunjukan seni budaya daerah. (Pusformas)

Sumber: http://www.budpar.go.id
-

Arsip Blog

Recent Posts