Palembang Benahi Obyek Wisata

Palembang - Obyek wisata yang ada di Palembang harus dibenahi untuk menyambut para atlet dan wisatawan saat SEA Games 2011. Jembatan Ampera dan Sungai Musi masih memiliki banyak kekurangan sehingga perlu dibenahi dan dipercantik penampilannya.

Demikian dikemukakan Sekretaris Direktorat Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Winarno Sudjas, Jumat (23/4) di sela pertemuan Indonesian Tourism Senior Club (ITSC) 2010 di Hotel Horison, Palembang.

Winarno mengatakan, selama berada di Palembang belum melihat daya tarik Jembatan Ampera dan Sungai Musi. Padahal, wisatawan yang datang ke suatu daerah selalu mencari sesuatu yang berbeda. ”Prinsip pariwisata adalah setiap saat melakukan inovasi, pembenahan, dan kreativitas sehingga obyek wisata yang sama selalu tampil berbeda dari tahun ke tahun,” kata Winarno.

Winarno menuturkan, di daerah lain belum ada yang menawarkan sungai dan jembatan sebagai oyek wisata sehingga Palembang harus menonjolkan potensi wisata yang dimiliki, yaitu Jembatan Ampera dan Sungai Musi.

Perlu kemasan

Menurut Winarno, selain obyek wisata yang perlu dibenahi, Palembang belum dikemas sebagai destinasi atau tempat tujuan wisata. Tugas kepala daerah dan pelaku pariwisata adalah menyiapkan kemasan.

Kemasan sebagai tempat tujuan wisata berarti menyiapkan daftar obyek wisata alam dan budaya serta menginformasikan jadwal kunjungan ke lokasi wisata tersebut.

”Kemasan (paket wisata ke Palembang) itu harus disiapkan sejak sekarang, termasuk menyiapkan sumber daya manusia di bidang pariwisata. Mereka harus menyusun paket-paket wisata seperti wisata tradisional, wisata minat khusus, dan wisata kuliner,” kata Winarno.

Ketua ITSC Adi Tirtawisata mengungkapkan, syarat kota wisata harus bersih, aman, dan rapi. Palembang harus memenuhi ketiga syarat tersebut untuk dapat menjaring wisatawan.

Menurut Adi, Palembang memiliki potensi wisata yang menarik, yaitu menikmati Jembatan Ampera dan Sungai Musi pada waktu malam. Untuk itu, tengah dirancang sebuah paket wisata diberi nama Musi by Night-Ampera Bridge.

Paket wisata selama tiga hari itu di antaranya mengunjungi Pulau Kemaro, kerajinan songket Tangga Buntung, dan makan malam di restoran terapung. (WAD)

Sumber: http://cetak.kompas.com
-

Arsip Blog

Recent Posts