Pesta Kesenian Bali Dilengkapi Festival Film Dokumenter

Denpasar - Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-32 tahun 2010 akan diisi tambahan satu materi baru, yakni festival film dokumenter yang diproduksi delapan pemkab dan satu pemkot di daerah ini.

"Selain itu juga diberikan kesempatan kepada perorangan maupun perusahaan mengikutsertakan produksi film dokumenternya dalam aktivitas seni tahunan di Pulau Dewata itu," kata Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Dr Ida Bagus Sudhawa di Denpasar, Selasa.

Ia mengatakan, peserta dari jajaran pemerintahan di daerah wajib mengikutsertakan produksi film dokumenter terbaru, yang diharapkan sudah masuk ke panitia PKB selambat-lambatnya 31 Mei 2010.

"Panitia akan melakukan penilaian terhadap seluruh film yang masuk. Untuk karya yang masuk nominasi akan diputar di arena PKB yang berlangsung selama sebulan, 12 Juni-10 Juli 2010," ujar Ida Bagus Sudhawa.

Bali menggelar kegiatan tersebut sebagai upaya mempersiapkan diri menjadi tuan rumah pelaksanaan festival film bertaraf internasional yang melibatkan ratusan negara yang akan berlangsung 2012.

Kegiatan festival film dokumenter daerah Bali akan lebih diintensifkan tahun-tahun berikut, dengan harapan karya produsen lokal Bali bisa diikutsertakan dalam festival film internasional yang akan berlangsung di Pulau Dewata dua tahun mendatang.

Ida Bagus Sudhawa menjelaskan, film dokumenter dalam lomba PKB wajib mengangkat tema budaya berdurasi 15-30 menit.

Bali sebagai daerah tujuan wisata dunia memiliki keunikan seni budaya serta panorama alam yang indah, secara tidak langsung sangat mendukung proses pembuatan sebuah film.

Film yang diberi judul "Eat Pray Love" yang dibintangi artis film Hollywood Julia Robert misalnya, cukup sukses penggarapannya di Bali pada November 2009.

Atas inspirasi itu diharapkan mampu menumbuhkan usaha-usaha kreatif dalam bidang perfilman di kalangan pengusaha Bali, sekaligus ikut bersaing di tingkat nasional maupun internasional, harap Ida Bagus Sudhawa. (JY)

Sumber: http://oase.kompas.com
-

Arsip Blog

Recent Posts