Selamat Tinggal KA Parahyangan

Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) menghentikan operasional KA Parahyangan rute Jakarta-Bandung PP mulai 27 April 2010 karena minat masyarakat menggunakan kereta rute ini menurun, demikian Kepala Humas PT KA Daop I Jabodetabek Sugeng Priyono di Jakarta, Sabtu.

"Sehingga tidak lagi dapat menutup biaya operasional. Semua rute ke Bandung-Jakarta PP digantikan dengan KA Argo Gede," katanya.

Sugeng mengungkapkan, KA Parahyangan hanya padat pada hari libur besar seperti lebaran, sedangkan hari biasa penumpang kelas eksekutif pun hanya 76 orang dan bisnis 204 penumpang, jauh dari kapasitas normalnya.

Sugeng mengutarakan, PT KAI sudah melakukan survei sebelum kereta api dihentikan operasionalnya, bahkan mengantisipasi berkurangnya penumpang, PT KAI sempat menurunkan tarif.

Namun, hal itu pun tidak menarik masyarakat menggunakan kereta api, sehingga jalan satu-satunya adalah menghapus KA Parahyangan dan mengoptimalkan KA Argo Gede.

Sementara itu, Kepala Stasiun Gambir Sofyan Hasan mengaku sudah melakukan sosialisasi penghapusan KA Parahyangan itu.

"Kalau memang ada yang memesan tiket pada pemberangkatan tanggal 27 April sudah tidak bisa lagi, akan kami alihkan ke KA Argo Gede," katanya. (R018/A011/AR09)

Sumber: http://www.antaranews.com
-

Arsip Blog

Recent Posts