Tujuh Negara Ikut Pesta Kesenian Bali

Denpasar - Grup kesenian dari tujuh negara dipastikan ambil bagian dalam memeriahkan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-32 yang akan berlangsung 12 Juni hingga 10 Juli 2010.

"Mereka telah menjalin komunikasi lewat surat elektronika (e-mail) dengan panitia PKB begitu PKB ke-31 tahun 2009 berakhir," kata Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Ida Bagus Sudhawa di Denpasar, Kamis.

Ia mengatakan, pada PKB tahun-tahun sebelumnya, komunikasi itu baru terjalin pada bulan Maret, namun PKB kali ini sudah berlangsung sejak awal Agustus tahun 2009.

Hal itu menunjukkan bahwa grup kesenian asing sangat tertarik mengikuti pentas memeriahkan pesta para seniman di Pulau Dewata ini.

Grup kesenian dari tujuh negara tersebut antara lain dari Jepang, India, Amerika Serikat dan China.

"Jumlah grup kesenian itu diperkirakan akan bertambah hingga PKB ke-32 berlangsung 12 Juni mendatang," tutur Ida Bagus Sudhawa.

Ia mengakui, keikutsertaan grup seniman mancanegara dalam arena PKB setiap tahunnya berfluktuasi.

Pada PKB 2009 tercatat 14 grup kesenian asing tampil di PKB, tahun 2008 tercatat 18 grup dan 2007 12 grup antara lain Jepang, Amerika Serikat, Singapura, India, Korea Selatan, Thailand, Inggris dan Malaysia.

Ida Bagus Sudhawa menjelaskan, terjalinnya komunikasi sejak awal dengan grup kesenian mancanegara itu akan sangat memudahkan mengatur jadwal pementasan.

Selama sebulan pelaksanaan PKB akan diisi dengan 180 kali pergelaran sedikitnya melibatkan 15.000 seniman utusan dari delapan kabupaten dan satu kota di Bali.

Kehadiran seniman asing maupun dari sejumlah daerah di Indonesia mampu menumbuhkan sikap moral masyarakat Bali, yakni membangkitkan gairah masyarakat setempat dalam bidang kesenian.

Selain itu menjalin hubungan kerja sama yang lebih baik dan menguntungkan kedua belah pihak, baik di masa sekarang maupun yang akan datang, ujar Ida Bagus Sudhawa. (JY)

Sumber: http://oase.kompas.com
-

Arsip Blog

Recent Posts