17 Rumah di Banyumas Diterjang Longsor

Purwokerto, Jateng - Sebanyak 17 rumah di Desa Paningkaban, Kecamatan Gumelar, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, tertimpa longsor pada Kamis (13/5) petang. Kini tiga keluarga terpaksa diungsikan karena kondisi rumah mereka membahayakan.

Kepala Desa Paningkaban Sutarjo mengatakan, longsor terjadi akibat runtuhnya bukit setinggi belasan meter setelah wilayah itu diguyur hujan deras. "Longsor menimpa 17 rumah dan satu masjid. Ada lima rumah yang kerusakannya cukup parah, karena tembok-tembok rumah jebol,"jelas Sutarjo, Jumat (14/5).

Ia mengatakan, dari 17 rumah yang terkena longsor, ada tiga keluarga yang terpaksa diungsikan karena kondisi kerusakan rumah mereka membahayakan keselamatan bila tetap dihuni. "Untuk sementara tiga keluarga diungsikan ke rumah kerabatnya yang lebih aman. Sedangkan penghuni rumah lainnya yang masih bertahan kami minta untuk waspada, terutama kalau hujan deras turun lagi," katanya.

Sementara itu, Camat Gumelar Agus Supriyanto menyatakan wilayahnya memang merupakan daerah rawan longsor, karena topografinya berbukit-bukit. "Kami sudah melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi peristiwa longsor itu, terutama penanganan warga yang rumahnya hancur," ujar Agus. (LD/OL-01)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com
-

Arsip Blog

Recent Posts