Budpar Gelar 'Ayo Jelajahi Nusantara'

Untuk mendongkrak animo wisatawan lokal, Departemen Budaya dan Pariwisata (Depbudpar) menggelar acara 'Ayo Jelajahi Nusantara' di Pacific Place Plaza, 1-2 Mei lalu. Acara ini diisi 12 stand yang diikuti beberapa agen perjalanan.

Saat ini tren yang ingin ditawarkan Depbudpar bersama agen perjalan dalam negeri berupa paket perjalanan wisata. ''Dahulu jarang wisatawan lokal yang menggunakan paket wisata saat berlibur padahal jika dihitung-hitung dengan mengambil paket wisata perjalanan akan lebih murah,'' ujar Sekretaris Dirjen Pemasaran Depbudpar Noviendri Makalam seusai acara di Jakarta, Sabtu (1/5).

Salah satu agen perjalanan yang membuka stand di acara ini menawarkan paket perjalanan ke Lombok atau Bali berkisar Rp2,5 juta -Rp3 juta. Paket perjalanan ini sudah mencakup 3 hari perjalanan, menginap di hotel bintang 3, dan mengunjungi lokasi-lokasi wisata yang ada di daerah tersebut.

Menurut Noviendri, dalam setahun Depbudpar akan membuat 20 acara seperti ini yang tersebar di beberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan dan kota lainnya. Acara ini akan diadakan dalam tiga periode yaitu menjelang liburan bulan Juni, menjelang lebaran, dan menjelang liburan akhir tahun.

Minat wisatawan lokal terhadap wisata dalam negeri diakui Noviendri masih rendah dibandingkan wisatawan mancanegara (wisman). ''Jumlah wisman yang datang ke indonesia selama bulan januari sampai februari dibandingkan tahun lalu naik sebesar 13,5 persen sementara wisatawan domestik tidak mengalami kenaikan yang signifikan,'' katanya.

Noviendri juga menambahkan, tahun ini Depbudpar menargetkan 233 juta perjalanan wisata, naik dari tahun lalu yang menyentuh angka 229 juta perjalanan. Sementara untuk jumlah turis asing Depbudpar menargetkan 7 juta wisman akan datang ke indonesia pada tahun 2010. (*/OL-5)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com
-

Arsip Blog

Recent Posts