Jadwal Pasar Wisata Indonesia 2010 Belum Ditetapkan

Mataram, NTB - Jadwal pelaksanaan Pasar Wisata Indonesia atau "Tourism Indonesian Mart Expo" (TIME) tahun 2010 di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, belum ditetapkan karena penyelenggaranya masih harus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) NTB Lalu Gita Ariadi membenarkan hal itu ketika dikonfirmasi di Mataram, Jumat.

"Belum ditetapkan jadwalnya, kami masih harus koordinasi dengan pihak-pihak terkait, namun tetap akan digelar pada 2010," ujarnya.

Ariadi mengatakan penyelenggaraan TIME 2010 di Lombok itu akan diserahkan kepada Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB yang diketuai Awandhi Aswinabawa yang juga Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Biro Perjalanan Wisata (Asita) NTB.

BPPD NTB atau nama baru dari Badan Promosi Pariwisata Lombok Sumbawa (BPPLS) yang selama ini dikenal dengan "Lombok Sumbawa Promo" (LSP), akan membentuk panitia pelaksana TIME 2010.

"Semuanya akan ditetapkan setelah kami (Disbudpar NTB dan BPPD NTB, red) `roadshow` ke dinas-dinas teknis terkait untuk mengkoordinasikan rencana pelaksanaan TIME 2010," ujarnya.

Menurut Ariadi "roadshow" ke dinas teknis terkait itu akan digelar pada Mei 2010, sehingga masih tersisa waktu yang cukup untuk mempersiapkan pelaksanaan TIME 2010 jika disepakati digelar September atau Oktober mendatang.

Pemerintah secara nasional telah berkomitmen menggelar TIME dua kali berturut-turut, yakni tahun 2009 dan 2010 di Pulau Lombok, NTB.

Pelaksanaan TIME 2009 selama empat hari di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, yang berlangsung di areal seluas 2.100 meter persegi di kawasan pantai belakang The Santosa Villas & Resort pada 16-19 Oktober lalu, tergolong sukses sehingga akan tetap digelar TIME 2010 di Lombok.

"Seperti TIME 2009, panitia penyelenggara bekerja sama dengan event organizer (EO) PT Pacto Convex untuk menyukseskan operasional dan kegiatan promosi," katanya.

Penyelenggaraan TIME di Lombok merupakan bagian dari rangkaian kegiatan promosi internasional yang akan dilakukan secara simultan untuk mencapai kesuksesan "Visit Lombok Sumbawa" (VLS) 2012 dengan target kunjungan wisatawan satu juta orang.

Lombok merupakan lokasi yang cukup strategis dan memiliki potensi besar untuk menarik pasar wisatawan internasional, karena dapat ditempuh hanya 20 menit penerbangan dari Pulau Bali.

Pulau Lombok yang memiliki lebih dari 3.500 unit kamar hotel berstandar internasional, juga kaya akan wisata budaya dan seni serta panorama alam yang indah.

Selain itu dengan diselenggarakannya TIME di Lombok diharapkan akan memacu percepatan pembangunan dan peningkatan infrastruktur, fasilitas dan objek pariwisata di NTB sehingga mampu menjadi objek wisata dunia.

TIME di Lombok didukung oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar), Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, serta sejumlah maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia, Merpati Nusantara, Asita, PHRI dan pelaku pariwisata lainnya. (rs/RS/ant)

Sumber: http://www.beritadaerah.com
-

Arsip Blog

Recent Posts