Makam Keramat “Ju Panggola”

Ju Panggola adalah sebuah gelar atau julukan. Ju dalam bahasa Gorontalo yang artinya ya, dan Panggola berarti tua. Jadi, Ju Panggola berarti ya pak tua. Menurut sejarah, orang yang dijuluki Ju Panggola itu adalah Ilato yang berarti kilat. Ia adalah seorang Awuliya atau Wali yang menyebarkan agama Islam di Gorontalo pada tahun 1400 M, sebelum para Wali Songo berada di Pulau Jawa dan memiliki kesaktian yang tinggi, yakni mampu menghilang dari pandangan manusia dan dapat muncul seketika jika Negeri Gorontalo dalam keadaan gawat. Ia dijuluki Ju Ponggala, karena ia selalu tampil atau muncul dengan profil kakek tua berjenggot panjang dan mengenakan jubah putih.

Ju Panggola meninggalkan sebuah aliran ilmu putih yang diterapkan lewat bela diri yang oleh masyarakat gorontalo di sebut dengan langga. Semasa masih hidup, Ju Panggola mewariskan ilmunya kepada murid-muridnya dengan cara meneteskan air mata pada mata mereka. Setelah itu, sang murid akan menguasai ilmu bela diri tersebut melalui mimpi atau pun gerakan refleks.

Lokasi Makam Ju Panggola dan Pengambilan Tanah

Makam Ju Panggola termasuk makam keramat dan tanah di sekitar makam itu senantiasa menebarkan bau harum. Menurut sejarah bahwa bukit tersebut pernah dihuni oleh beliau sebagai tempat bermunajat ke hadirat Allah SWT. Setiap pengunjung yang berziarah ke makam itu mengambil segenggam tanah untuk dijadikan azimat. Mereka percaya bahwa tanah tersebut dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit atau memperlancar rezeki. Ajaibnya, walaupun sudah ribuan pengunjung mengambil tanah di sekitar makam itu, namun tanahnya tetap utuh. Bahkan, tanah bekas galian tersebut tidak meninggalkan bekas lubang sedikit pun. Keajaiban tersebut masih dapat disaksikan hingga sekarang ini.

Makam tersebut terdapat dalam sebuah masjid yang bernama Masjid Ju Panggola. Orang gorontalo sering menyebutnya Masjid Quba. Konon, jika seseorang berdoa di masjid tersebut, permohonannya akan dikabulkan. Maka tidak heran, jika banyak pengunjung yang menyempatkan diri shalat dan berdoa untuk memohon kesembuhan dari berbagai penyakit, memperlancar rezeki dan lain sebagainya.

Gerbang Lokasi Makam Keramat Ju Panggola,

Lokasi Makam Ju Panggola terletak di Kelurahan Dembe I, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo. Makam ini terletak sekitar 7 km dari pusat Kota Gorontalo dan 1 km ke arah barat dari lokasi Benteng Otanaha. Makam keramat ini terletak di atas bukit pada ketinggian 50 meter dari jalan raya. Tepat di perbatasan Kabupaten Gorontalo dan Kota Gorontalo. Walaupun letaknya berada di atas bukit, setiap hari makam ini tidak pernah sepi dari pengunjung, baik lokal maupun mancanegara. Dari atas bukit ini kita dapat melihat keindahan panorama Danau Limboto

Untuk mencapai lokasi, pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda empat, roda dua maupun menggunakan kenderaan bentor. Pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk. Dilokasi makam ini belum disediakan fasilitas penginapan bagi pengunjung. Hanya ada beberapa rumah warga yang boleh di gunakan untuk tempat istirahat sejenak bagi pengunjung yang berziarah ke Makam Ju Panggola.

Sumber: http://www.wahana-budaya-indonesia.com
-

Arsip Blog

Recent Posts