Seni Indonesia di Pegunungan Italia

London, Inggris - Malam Indonesia yang diisi dengan perkenalan kekayaan seni budaya dan kuliner Indonesia memecah kesunyian Pegunungan Italia di Kota Canossa, yang terletak sekitar 400 km di utara kota Roma, Italia.

"Malam Indonesia itu digagas Eny Thalib Castagnetti, pengacara lulusan Universitas Krisnadwipayana Jakarta, yang menikah dengan pria Italia dan menetap selama 12 tahun," ujar Counsellor Pensosbud, KBRI Roma, Musurifun Lajawa kepada koresponden Antara London, Senin.

Dikatakannya, keterpencilan karena tinggal di kota sunyi yang indah di Italia tidak membendung rasa bangga dan cinta Tanah Air yang dimiliki Eny Thalib Castagnetti, untuk menggelar promosi Indonesia.

Acara digelar di bangunan bersejarah berusia sekitar 400 tahun dan terletak di daerah pegunungan dihadiri sekitar 150 undangan untuk menyaksikan aneka kesenian berupa tarian tradisional, peragaan busana dan makanan khas Indonesia.

Sebagian besar kaum ibu yang hadir asal Canossa mengenakan busana nasional Indonesia dilengkapi assesori koleksi Eny yang khusus didatangkan dari Indonesia.

Wali Kota Canossa, Musi Enzo, menyampaikan kebahagiannya dan rasa kagum ternyata di antara warganya terdapat warga negara Indonesia yang menjalin persahabatan erat dan luas dengan penduduk Canossa dan kota di sekitarnya.

Ia mengakui acara tersebut telah membuka cakrawalanya akan kekhasan Indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa, agama dan budaya tinggi.

Ia berharap, acara serupa dapat dijadikan salah satu wahana persahabatan antarwarga Kota Canossa khususnya dengan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Terharu dan Bangga

Sementara itu Wakil Dubes RI untuk Italia, Malta dan Siprus, Yuwono A Putranto menyampaikan rasa haru sekaligus bangga dengan digelarnya Malam Indonesia yang mendapat dukungan wali kota serta penduduk Italia di Canossa dan sekitarnya.

Yuwono menyampaikan penghargaannya atas semangat dan kepedulian Eny Thalib Castagnetti bersama suami dalam memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat Italia di Reggio Emilia, San Paolo dan Canossa.

Ia berharap inisiatif tersebut merupakan kegiatan diplomasi publik yang dapat diikuti warga negara Indonesia lainnya di Italia, Malta dan Siprus.

KBRI Roma mendukung inisiatif serupa dan secara khusus Yuwono menyampaikan penghargaan kepada penduduk setempat yang turut memperkenalkan busana Indonesia.

Yuwono berharap, Malam Indonesia akan dapat mendorong warga Italia khususnya warga Canossa, Regio Emilia dan San Paolo berkunjung ke Indonesia.

Sebagian besar undangan berasal dari kalangan usaha di Reggio Emilia, San Paolo dan Canossa yang pernah dan masih melakukan kontak bisnis dan pernah berkunjung ke Indonesia.

Dia mengharapkan, Malam Indonesia di Canossa dapat memberikan dampak positif yang luas kepada hubungan bilateral Indonesia dan Italia yang selama ini berjalan dengan baik.

KBRI Roma mendukung inisiatif warga negara Indonesia, baik melalui organisasi maupun pribadi seperti Eny Thalib Castagnetti dalam program diplomasi publik, khususnya di negara akreditasi seperti Italia, Malta dan Siprus, tanpa membeda-bedakan tempat baik di kota besar maupun kota kecil bahkan di pegunungan seperti di Canossa, demikian Yuwono (JY)

Sumber: http://oase.kompas.com
-

Arsip Blog

Recent Posts