Seniman Aceh Tampil di Kakilima Jakarta

Banda Aceh - Sejumlah seniman asal Aceh akan menampilkan pertunjukan kakilima di Planet Senen, Tugu Depan Stasion Senen, Jakarta pada Selasa 11 Mei .

"Pertunjukan ini mengambil bentuk pertunjukan tukang jual obat keliling di Aceh yang biasanya menyuguhkan atraksi kesenian, seperti musik, bercerita, sampai akrobat dan sirkus sambil memperdagangkan obat," kata penyair asal Aceh, Fikar W Eda di Jakarta, Sabtu.

Pentas bertajuk "Aceh Membaca Jakarta" ini melibatkan puluhan penari, anggota kelompok Didong Ciputat, kelompok seni Anjungan Aceh Taman Mini Indonesia Indah, koreografer Aceh Dekgam, Dek Tek, Taufik, IIawati, Devie Komala Syahni, Edi Milfaris musisi Aceh di Bandung dan seniman lainnya.

Pertunjukan yang digelar mulai pukul 15.00-18 WIB merupakan hasil kerja sama Komunitas Planet Senen (KoPS) dan Kampanye Seni dan Humaniora (KASUHA).

Menurut Fikar W Eda, dalam pertunjukan itu para seniman bukan menjual obat tapi benda-benda seni seperti buku, rencong, kaos oblong dan lain-lain.

Pertunjukan sengaja digelar di tempat terbuka bertujuan lebih mendekatkan seni dengan masyarakat seperti pertunjukan seni yang dulu sering dilakukan di Aceh.

Pertunjukan seni yang memanfaatkan ruang publik itu bukan yang pertama kali digelar para seniman karena sebelumnya pernah dilakukan di Aceh pada 1995 di halte, jalanan dan emperan gedung.

Dikatakan Fikar, pertunjukan ala tukang jual obat itu akan terus digulirkan, baik di Jakarta, maupun di kota-kota lain untuk mengusung dan mendorong semangat serta kesadaran seniman untuk memanfaatkan seluruh ruang sebagai tempat pertunjukan. (D016/A011/R009)

Sumber: http://www.antaranews.com
-

Arsip Blog

Recent Posts