Toyota Gandeng Tesla Bikin Mobil Listrik

Los Angeles — Toyota Motor Corp (TMC) dan Tesla Motors Inc (TMI) sepakat berkolaborasi untuk mengembangkan dan membangun mobil listrik. Kerja sama itu diumumkan di area suatu pabrik mobil di San Fransisco Bay, seperti dikutip kantor berita AP, Jumat (21/5/2010).

CEO Toyota Akio Toyoda mengatakan bahwa perusahaannya akan menginvestasi RP 463 miliar (50 juta dollar AS) ke Tesla, jika mitranya itu sudah menjual saham ke publik. Sementara TMI, ditegaskan oleh CEO Elon Musk, akan membeli pabrik NUMMI (New United Motor Manufacturing Inc) di Fremont untuk memproduksi sedan S electric.

"Kami akan membuat kendaraan listrik yang lainnya," ujar Musk dalam konferensi pers di kantor Tesla di Palo Alto. Suatu kesempatan luar biasa, lanjutnya, bisa bekerja dengan sebuah perusahaan seperti Toyota, yang saat ini memimpin di dunia. "Secara pribadi, saya sangat menghormati ini," tegas Musk.

Toyoda langsung terbang dari Jepang, satu hari setelah kedua perusahaan menyatakan kesepakatan, untuk memberi pernyataannya. "Saya menghabiskan waktu di NUMMI dan telah banyak belajar soal bekerja di Amerika. Jadi, saya rasa, kerja sama ini banyak gunanya," sebut Toyoda.

Tesla baru-baru ini telah membuat kendaraan sport listrik yang dijual 109.000 dollar AS (lebih dari Rp 1 miliar). Nah, dengan adanya kerja sama ini, kata mereka, bisa bikin kendaraan dengan harga terjangkau. Salah satu proyek kerja sama ini yakni model S.

Pemasarannya dijadwalkan 2012 dengan harga 49.900 dollar AS (Rp 462 juta), sudah termasuk pajak. Bahkan, model S dirancang untuk jalan jauh 450 km atau tiga atau empat jam perjalanan baru di-charge. (SBT)

Sumber: http://otomotif.kompas.com
-

Arsip Blog

Recent Posts