15 Provinsi Semarakkan "Nol Kilometer Indonesia"

Banda Aceh, NAD - 15 klub dari 15 provinsi dipastikan mengikuti festival "Nol Kilometer Indonesia" di "Tugu Titik Nol" bagian barat Indonesia di Kota Sabang, Provinsi Aceh.

"Utusan 15 provinsi di Indonesia dipastikan besok (25/6) tiba di Sabang, sekaligus mereka juga membawakan peralatan musik tradisional dari daerahnya masing-masing. Festival itu secara resmi berlangsung tiga hari sejak 25 Juni 2010," kata Wakil Walikota Sabang, Islamuddin di Banda Aceh, Kamis.

Festival itu akan menggelarkan parade musikalilasi puisi, dialog seni, pameran alat musik etnis dari 15 daerah, `workshop` seni, dan baca puisi.

"Rangkaian kegiatan festival tersebut yakni pertunjukan musikalisasi dari beberapa provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia di atas kapal penyeberangan Ulee Lhue (Banda Aceh)-Balohan (Sabang), KMP BRR," kata salah seorang anggota panitia, Fikar Weda.

Peserta dari 15 provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia itu diperkirakan berjumlah 150 seniman, diantaranya dari Maluku, DKI Jakarta, Sumatra Utara dan Jambi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sabang, Helmi Ali, menyebutkan perhelatan seni nasional tersebut terselenggara natas kerjasama Pemkot Sabang dan Komunitas masyarakat seni Indonesia

"Festival tersebut pertama kali digelar, dan juga sebagai rangkaian menyemarakkan HUT Kota Sabang," tambahnya.

Sabang, sekitar 14 mil laut dari pesisir pantai Kota Banda Aceh dan berpenduduk sekitar 30 ribu jiwa, ditetapkan sebagai destinasi wisata nasional dan memiliki sejumlah objek wisata andalan, terutama panorama alam bawah lautnya yang dihiasi biota langka.

Helmi menjelaskan, festival "Nol Kilometer Indonesia" tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memajukan sektor pariwisata Sabang, sehingga menjadi daya tarik bagi kunjungan wisatawan ke pulau itu. (A042/H-KWR/AR09)

-

Arsip Blog

Recent Posts