Dua Menteri Hadiri "Bakar Tongkang" Riau

Pekanbaru, Riau - Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik serta Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad dijadwalkan menghadiri tradisi "Bakar Tongkang" di Kota Bagan Siapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, 27-28 Juni 2010.

"Dua menteri direncakanakan akan ikut meramaikan `Bakar Tongkang`, dan ini merupakan sebuah kehormatan bagi masyarakat Riau," kata Kepala Biro Humas Sekretariat Daerah Provinsi Riau Riska Utama ketika dihubungi dari Pekanbaru, Kamis.

"Bakar Tongkang" merupakan tradisi warga keturunan Tionghoa di Bagan Siapiapi. Acara tersebut mulai diperkenalkan sebagai salah satu kegiatan kepariwisataan nasional sejak dua tahun lalu.

Selain menghadiri acara itu, menurut Riska, Menteri Kelautan dan Perikanan akan meninjau kegiatan perikanan di Bagan Siapiapi.

Ia mengatakan acara tersebut juga akan dihadiri Gubernur Riau HM Rusli Zainal dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Madya Agus Suhartono.

"Kami mengharapkan tradisi `Bakar Tongkang` dapat terus berkembang dan mampu mendatangkan keuntungan bagi daerah, khususnya masyarakat setempat," katanya.

Puncak acara tradisi "Bakar Tongkang" ditandai dengan pembakaran replika kapal tongkang yang di atasnya terdapat sejumlah patung dewa.

Menurut masyarakat, masih banyak warga setempat yang masih percaya bahwa posisi jatuhnya tiang kapal dapat menentukan rezeki selama setahun ke depan.

Warga akan senang apabila tiang kapal jatuh mengarah ke laut, karena hal itu dipercaya bahwa rezeki dari perikanan pada tahun depan bakal melimpah. (T.F012/R009)

-

Arsip Blog

Recent Posts