LIPI Siagakan Kapal Riset untuk Sail Banda

Ambon, Maluku - Balai Konservasi Biota Laut Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Ambon akan menyiagakan Kapal Motor (KM) Riset Baruna Jaya VII untuk digunakan dalam beberapa kegiatan untuk mendukung pelayaran internasional Sail Banda yang berlangsung pada 24 Juli hingga 17 Agustus 2010.

"Kami sangat mendukung Sail Banda, untuk itu kapal kami akan diikutsertakan dalam Parade Kapal Riset untuk Maluku Expo, 31 Juli hingga 5 Agustus 2010," kata Kepala LIPI Ambon, Augy Syahailatua, kepada ANTARA News, di Ambon, Selasa.

Selain Parade Kapal, KM. Riset Baruna Jaya VII juga akan digunakan untuk mengakomodasikan 30 pelajar SMA dan mahasiswa terpilih untuk dilibatkan dalam pelayaran pendek selama lima hari, yakni Remaja Bahari Lintas Nusantara pada akhir Juli mendatang di Kepulauan Lease dan Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah.

"Kami akan menyeleksi 30 siswa SMA dan mahasiswa se-kota Ambon yang memiliki fisik yang cukup baik untuk bisa terlibat dalam kegiatan ini, karena sekarang kondisi cuaca di Maluku sedang tidak bagus," ujarnya.

Syahailatua mengatakan, saat kegiatan berlangsung pihaknya akan menyosialisasikan pelestarian daerah pesisir dan laut kepada 30 peserta dan warga di daerah yang akan disinggahi nanti.

"Kita akan mencoba memberikan pemahaman bagaimana caranya menjaga terumbu karang, padang lamun, ekosistem mangrove dan sebagainya di daerah masing-masing," katanya.

Ia berharap, dengan adanya sosialisasi yang mereka berikan nanti, para peserta maupun masyarakat akan lebih mencintai laut yang merupakan wilayah terbesar Provinsi Maluku dan berupaya untuk menjaganya.

"Selain masyarakat dapat mengenal program-program LIPI Ambon, diharapkan juga peserta pelayaran nantinya dapat menjadi penyambung untuk mensosialisasikan pelestarian daerah pesisir dan laut," kata Syahailatua.

Menurut Syahailatua, LIPI Ambon juga akan menggelar pertandingan sepak bola dan volly antara peserta pelayaran dengan penduduk setempat untuk menjalin kebersamaan.

"Karena waktunya pendek, kami hanya akan mengadakan pertandingan olahraga kecil-kecilan," katanya.

Ia menambahkan, KM. Riset Baruna Jaya VII nantinya juga disiapkan sebagai tempat Pameran Terapung Hasil Laut Maluku saat Sail Banda berlangsung nanti.

"Kami tetap siap, meski panitia belum memberitahu lokasi dan waktunya. Kalau seandainya tidak bisa diakomodir karena banyaknya kapal di dermaga, kami sendiri yang akan mengadakan pameran di dermaga LIPI Ambon, " demikian Augy Syahailatua. (ANT/P003)

-

Arsip Blog

Recent Posts