Pesta Kebun Ala Indonesia di London

Jakarta - Penampilan tiga tarian dari Indonesia, yaitu Tari Pendet, Tari Sekar Jagat, dan Tari Cenderawasih yang dibawakan penari profesional Juli Widjajanti Gusler, Titis Anggraito Smith, dan Yuni Hardwicke pada Pesta Kebun yang diprakarsai Lenny Stoddart, di Windsor, Inggris, sepanjang Sabtu (5/6/2010), mendapat apresiasi dan pujian dari ratusan pengunjung.

Pesta Kebun selain mempertunjukkan tarian, juga memamerkan dan menjual berbagai kerajinan, perhiasan, tas-tas anyaman, kerajinan mirror, baju batik, kain batik sutra, dan banyak lagi.

"Juga tidak ketinggalan makanan khas Indonesia seperti kue serabi, martabak manis, tahu gejrot, bakwan udang, mie tek-tek, tempe mendoan, dadar gulung hijau, tempe orek, siomay Bandung, sate ayam, mie ayam, nasi Kapau, lontong Cap Gomeh, es teler, rujak dan lain-lain," kata Lenny, yang sudah 10 tahun bermukim di Inggris.

Ratusan orang dari mancanegara, seperti dari Afrika Selatan, Australia, Italia, Jepang, Jamaica, Venezuela, Portugis, Iran, dan Indonesia menyatakan sangat terkesan dan kagum dengan kekayaan khasanah budaya Indonesia. "Ini ide brilian memperkenalkan Indonesia di Negara Kerajaan Inggris Raya," kata Sandra Thamrin, istri Duta Besar Indonesia Indonesia di Inggris, Yuri Thamrin, Minggu (6/5/2010) melalui surat elektronik.

Lenny Stoddart menjelaskan, dengan dukungan udara di Windsor yang cukup hangat para tamu undangan sungguh-sungguh menikmati sajian Pesta Kebun bernuansa Indonesia. Dan tak ketinggalan seorang jurnalis dari koran lokal ikut meliput acara unik ini.

Jam 5 sore acara selesai dan para tamu meninggalkan comment di buku tamu. Semua mengatakan "Very enjoyable day,wonderful,Very special day, Great Overall, Entertaining beautiful dancing, Lovely food, Excelent for organizing, Feel like in Indonesia, Great Atmosphere, Great event to looking forward again, So well organizied, Great success, Fantastic."

Setidak-tidaknya, pasca-Pesta Kebun bernuansa Indonesia ini, pengunjung yang berminat membeli kerajinan khas Indonesia itu, bisa berhubungan langsung dengan peserta pameran. (NAL)

Sumber: http://oase.kompas.com
-

Arsip Blog

Recent Posts