Wahai Provinsi, Buatlah Paket Wisata!

Palu - Kementerian Budaya dan Pariwisata (Kemenbudpar) mengimbau agar setiap provinsi membuat paket wisata agar memudahkan turis ketika hendak melakukan kunjungan wisata. "Pemprov bisa bekerja sama dengan agen-agen wisata untuk membuat paket wisata itu," kata Direktur Promosi Dalam Negeri Kemenbudpar, Fatkhul Bahri, saat meninjau "Kemilau Sulawesi V" di Palu, Kamis (24/6/2010).

Kemilau Sulawesi V adalah ajang tahunan yang mempromosikan potensi wisata yang ada di setiap pelosok Sulawesi. Ajang itu diikuti semua provinsi yang ada di Sulawesi, serta sejumlah kabupaten/kota yang turut meramaikan acara itu.

Fatkhul mengatakan pembuatan paket-paket wisata itu tentu saja untuk meningkatkan kunjungan turis, baik lokal maupun internasional. "Jangan sampai segala potensi wisata yang ada tidak dimanfaatkan, dan akhirnya terlantar begitu saja," ujarnya.

Menurutnya, wisatawan membutuhkan paket-paket wisata tertentu guna memberikan alternatif saat akan melakukan liburan.

Gubernur Sulawesi Tengah HB Paliudju menanggapi positif imbauan dari pihak Kemenbudpar tersebut. Paliudju menilai sangat susah jika membangun industri wisata tanpa kerja sama dengan pihak swasta. "Pihak swasta bisa merancang sejumlah paket wisata, dan pemerintah yang akan menjamin faktor keamanan serta segala bentuk infrastruktur pendukungnya," ujarnya.

Tujuan akhirnya, lanjut Paliudju, adalah meningkatkan pendapatan asli daerah serta mensejahterakan penduduk yang berada di sekitar lokasi wisata. "Masyarakat juga diimbau turut serta mensukseskan setiap ajang promosi yang dilakukan oleh pemerintah," katanya.

-

Arsip Blog

Recent Posts