Kondisi Gua Sunyaragi Menyedihkan

Cirebon, Jabar - Kondisi Gua Sunyaragi atau Tamansari Sunyaragi , tempat wisata yang merupakan petilasan tempat tetirah keluarga Keraton di Cirebon, menyedihkan.

Kompleks Gua Sunyaragi dibangun pertama kali sekitar tahun 1703 oleh Pangeran Kararangen. Namun pernah dilakukan penambahan bangunan pada 1884, dan pada 1984 direnovasi. Meski demikian, bangunan Gua Sunyaragi terlihat tidak terawat.

Beberapa bagian bangunan dibiarkan rusak dan dirusak manusia. Ini terlihat dari banyaknya coretan tangan jahil di beberapa dinding bangunan. Padahal Gua Sunyaragi termasuk dalam bangunan cagar budaya.

"Kami juga prihatin sekali, tapi memang tidak ada perhatian dari pemerintah," kata Pengelola Gua Sunyaragi, Rusdi, yang membawa Tribun berkeliling gua, kemarin (1/6). Padahal, lanjut Rusdi, Tamansari Sunyaragi kerap menjadi tujuan wisata sejumlah turis asing.(roh)

-

Arsip Blog

Recent Posts