Wisata Penyu Langka di Pantai Kuta

Kuta, Bali - Sepintas patung penyu berukuran raksasa ini mirip dengan patung lainnya di Bali. Namun jika dilihat dengan lebih seksama di dalam patung ini terdapat timbunan pasir yang menjadi tempat penyimpanan sekaligus penetasan telur penyu raksasa.

Telur penyu jenis lekang dan hijau ini dikumpulkan dari sepanjang Pantai Kuta hingga Seminyak. Pantai Kuta dan sekitarnya hingga kini masih menjadi lokasi pendaratan penyu langka untuk bertelur.

Patung penyu ini merupakan bagian dari Kuta Beach Sea Turtle Conservation atau pusat konservasi penyu laut di Pantai Kuta. Tempat ini baru diresmikan bulan lalu dan kini menjadi daya tarik baru para wisatawan yang berkunjung ke Kuta.

Di pantai ini para wisatawan juga bisa melihat dan memegang anak penyu atau tukik yang baru lahir. Tak hanya itu para wisatawan juga bisa ikut langsung melepas anak penyu ke tengah laut. "Saya tidak pernah melihat penyu sebelumnya. Tidak ada penyu atau kura-kura di Norway. Jadi ini pengalaman yang unik. Saya amat menyukainya," kata Miriam, wisatawan asal Norwegia.

Di tempat konservasi penyu Pantai Kuta ini para wisatawan juga bisa mendapatkan informasi tentang berbagai jenis penyu langka dan cara mereka hidup dan berkembang biak di alam bebas. Sebagai kenang-kenangan untuk dibawa pulang wisatawan juga bisa membeli kaos bertema penyelamatan penyu langka.(IAN)

-

Arsip Blog

Recent Posts