Dukung `Angklung is Indonesia` Jadi Warisan Budaya

Bandung, Jabar - Tidak dipungkiri angklung menjadi salah satu ciri khas Indonesia. Untuk lebih menjamin keberadaan angklung dan pentingnya pelestarian angklung, munculah program kampanye 'Angklung is Indonesia'.

Apa sih 'Angklung is Indonesia'? Program kampanye dari organisasi non profit ini mengajak seluruh warga negara Indonesia untuk mendapatkan dukungan publik secara luas dalam melestarikan dan mengembangkan angklung.

"Program ini adalah upaya nyata dalam menjawab kriteria yang diajukan oleh UNESCO dalam nominasi angklung Indonesia. Sekaligus memberitahukan kepada masyarakat tentang proses pendaftaran angklung sebagai warisan budaya tak benda asal Indonesia," ujar salah satu pencetus 'Angklung is Indonesia, Satria Yanuar Akbar, di Gedung Indonesia Menggugat, Senin (9/8/2010).

Menurut Satria, salah satu syarat agar angklung bisa menjadi warisan budaya tak benda asal indonesia yakni public awareness atau respon dari masyarakat Indonesia sendiri.

"Kalau masyarakat Indonesia tidak tahu apa-apa soal angklung, bagaimana UNESCO mau mengakui. Untuk itulah kita mengkampanyekan 'Angklung is Indonesia' bersama-sama," terang Satria.

Organisasi ini terdiri dari orang-orang pecinta angklung, mereka juga mengajak komunitas angklung lain di seluruh Indonesia untuk bergabung menyatukan suara agar angklung benar-benar menjadi alat musik ciri khas Indonesia.

Sekretariat Angklung is Indonesia berada di Jalan Ir H Djuanda No 423, anda tidak perlu mendaftar untuk ikut dalam organisasi ini, hanya tinggal menyosialisasikan angklung, anda sudah ikut mendukung gerakan 'Angklung is Indonesia'.

"Ini juga tidak ada yang membiayai. Malah ada yang nanya sama saya, biaya kampanye dari mana, saya bilang dari Allah SWT, karena tidak ada yang membiayai ini. Ini organisasi non profit," tandasnya.(avi/ern)

-

Arsip Blog

Recent Posts