Festival Keraton Nusantara Digelar November

Palembang, Sumsel - Zuriat Kesultanan Palembang Darussalam, Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin memastikan festival keraton nusantara akan berlangsung pada 27-29 November di kota tersebut. "Kami sepakat dengan raja-raja yang akan menjadi peserta pelaksanaan Festival Keraton Nusantara (FKN) akhir November," katanya, di Palembang, Jumat.

Menurut dia, FKN tersebut mundur dibandingkan dengan rencana semula pada September 2010. Namun, pengunduran waktu tersebut telah disepakati bersama-sama dalam pertemuan raja-raja nusantara di Jakarta, pada 3 Agustus, tambahnya.

Ia mengatakan, meskipun mengalami pengunduran, tetapi formasi acara tetap seperti yang telah ditentukan.

Festival keraton nusantara akan diisi dengan beragam kegiatan, seperti seminar, pameran benda pusaka dan kirap, katanya.

Dia menjelaskan, festival menjadi salah satu upaya kesultanan di seluruh Indonesia memperkenalan adat, budaya dan kesenian yang sampai kini masih dipertahankan.

Dipertahankannya warisan lelulur diharapkan mampu meningkatkan jati diri bangsa sehingga tidak tergilas oleh modernisasi, ujarnya.

Iskandar menambahkan, FKN tersebut akan diikuti sekitar 100 kesultanan dari seluruh Indonesia, seperti Kesultanan Yogyakarta dan Siak.

Pihaknya optimistis kegiatan tersebut akan berjalan sukses dan meningkatkan kunjungan wisata ke Palembang, tambah dia. (Ant)

-

Arsip Blog

Recent Posts