Festival Teluk Humboldt Kembali Digelar

Jayapura, Papua - Festival Budaya Teluk Humboldt kembali akan digelar pada 6-7 Agustus 2010 di kawasan Teluk Yos Sudarso, Kota Jayapura, Papua.

Penyelenggaraan kegiatan festival yang menampilkan atraksi budaya dari kampung-kampung yang berada di kawasan Port Numbay itu sekaligus dimaksudkan untuk menyukseskan program Visit Indonesia.

Wakil Wali Kota Jayapura, Sudjarwo, mengatakan, melalui kegiatan yang difasilitasi Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata ini pihaknya ingin menjadikan Jayapura sebagai kota budaya dan pariwisata.

Menurut dia, sejak diselenggarakan Festival Budaya Teluk Humboldt, festival ini telah dipromosikan ke berbagai ’event’ pariwisata internasional.

"Respon masyarakat Eropa terhadap budaya dan daya tarik alam Papua sangat besar. Hal ini terbukti dari banyaknya wisatawan asing yang datang berkunjung ke Jayapura, di antaranya dari Belanda, Australia, dan Jerman," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jayapura, Evert Nicolas Merauje, mengatakan, selama dua hari penyelenggaraan festival itu akan digelar serangkaian acara, antara lain lomba dayung dan renang tradisional, tari kreasi, vocal group lagu-lagu rohani, ekssibisi tari tradisional, cerita rakyat, dan pameran kuliner yang diikuti ribuan peserta yang datang dari puluhan kampung adat.

Teluk Humboldt adalah sebuah teluk yang sangat luas. Di teluk inilah terdapat sebuah kota yang di dalamnya penuh dengan sejarah, yaitu Kota Jayapura, di mana sebagaian besar penduduk asli Port Numbay berdiam di teluk ini.

Kota ini juga terkenal dengan nama Holandia dan Sukampura yang memiliki potensi pariwisata yang begitu besar, karena di sana terdapat alam dan pantai yang indah.

-

Arsip Blog

Recent Posts