Keris Bagi Orang Melayu Bisa Jadi Lambang Kemegahan

Oleh Zuriyati Riya

Keris adalah senjata atau alat yang digunakan oleh orang melayu pada zaman dahulu secara turun temurun yang digunakan lebih dari 600 tahun yang silam. Keris adalah senjata orang melayu yang dapat tempat istimewa oleh orang melayu karena keris merupakan lambang kemegahan bagi orang melayu, bagi seorang laki-laki keris juga menjadi lambang marwah dirinya.

Selain untuk mempertahankan diri, keris juga telah menjadi kebanggaan budaya melayu. Pada umunya keris terbuat dari tembaga. Keris yang asli adalah keris majapahit yang tidak digunakan sebagai senjata melainkan sebagai azimat.

Keris memiliki bentuk yang menarik dan keris juga memiliki banyak bagian. Keris adalah senjata yang disanjung tinggi keris juga sangat berkaitan dengan kesaktian dan kuasa yang istimewa pada keris.

Diriau keris Laksamana Hang Tuah yang sangat dikenal. Kononnya keris laksamana hangtuah ini memiliki kesaktian dimana keris ini bisa terbang dan mengejar musuh. Berbagai macam kesaktian yang dimiliki oleh senjata keris.ada juga keris yang bisa membunuh musuhnya dengan menikam bekas telapak kaki musuh yang dimaksud.

Sebuah keris memiliki bagian- bagian yang mempunyai fungsi dan maksud tersendiri. Yang mana bagian keris terdiri dari, mata keris, putting keris, ganja keris, dagu keris, kepala cecak, leher keris, perut keris, sepit rotan, ekor keris, sepit keris, gandik keris, kambing kacang, belalai gajah, lambai gajah, rigi keris, jenggot keris, tulang keris, ujung keris, tuntung keris, ulu keris, pendongkok keris, dan sarung keris.

Keris merupakan senjata orang malayu pada zaman dahulu, pada zaman sekarang keris hanya dijadikan sebagai senjata peninggalan zaman dan dijadikan sebagai khasanah orang melayu riau,keris senjata yang bersejarah dan harus dilestarikan.

-

Arsip Blog

Recent Posts