Lebaran ala Betawi di Puri Kembangan

Jakarta - Setelah melalui berbagai pertimbangan khusus, Jakarta Barat sebagai tuan rumah Lebaran ala Betawi akan memusatkan kegiatan tersebut di Puri Kembangan, Kelurahan Kembangan Selatan, Kecamatan Kembangan, pada 25-26 September 2010.

Rencananya kegiatan akan diisi berbagai rangkaian acara, seperti talkshow di radio dan televisi serta mengundang perwakilan komponen Betawi yang berada di daerah-daerah mitra Kota Jakarta. Selain itu, kegiatan tersebut juga sebagai ajang untuk melestarikan nilai-nilai dan kebudayaan Betawi, serta menjadi momen mempertemukan seluruh komponen Betawi untuk merayakan Lebaran secara bersama-sama.

"Kegiatan ini sama seperti tahun lalu, Pemprov DKI Jakarta bersama Bamus Betawi menyelenggarakan acara ini," ujar Eldi Andi, Asisten Perekonomian dan Administrasi Jakarta Barat, Rabu (18/8/2010).

Dengan kegiatan itu, diharapkan warga Jakarta lebih mengetahui dan meningkatkan rasa cinta terhadap budaya dan tradisi Betawi. Dalam Lebaran ala Betawi kali ini tidak hanya melibatkan orang-orang Betawi di enam wilayah DKI Jakarta, tetapi juga akan mengajak representasi budaya Betawi yang ada di daerah penyangga, yaitu Bogor, Bekasi, Tangerang, Depok, dan Cianjur.

Kegiatan dipastikan semakin meriah dengan berbagai kesenian Betawi seperti gambang kromong, keroncong Jakarta, wayang Betawi, orkes melayu, ondel-ondel, dan hiburan layar tancap. Selain kesenian, Lebaran ala Betawi juga akan menghadirkan sajian-sajian khas kuliner Betawi, seperti nasi uduk, pecak gurame, gabus pucung, sayur asem, kerak telor, wajik dodol, tape uli, geplak, cendol, salak, dan bir pletok.

-

Arsip Blog

Recent Posts