Mempromosikan Budaya Indonesia, Bintang Jasa untuk Zorica

London, Inggris - Peringatan HUT RI di KBRI Praha, Republik Ceko menjadi luar biasa dengan pemberian Bintang Jasa Pratama dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono kepada Prof. Zorica Dubovska.

Prof. Zorica Dubovska adalah warga Ceko berusia 84 tahun yang telah lebih dari 50 tahun mempromosikan budaya dan bahasa Indonesia di Ceko, Selasa.

Pemberian bintang jasa tersebut disematkan Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Praha, Azis Nurwahyudi, bertepatan dengan pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke-65 yang dilakukan di halaman KBRI Praha, demikian keterangan pers KBRI Praha yang diterima Antara Selasa.

Suasana khidmat mengiringi penyematan Bintang Jasa Pratama yang disaksikan masyarakat, para sahabat Indonesia, dan sejumlah murid Ibu Dubovska yang menduduki berbagai posisi penting di berbagai institusi. Selain itu juga hadir mantan Duta Besar Ceko untuk Indonesia, Jaroslav Olsa beserta isteri.

Prof. Dubovska dalam usianya yang 84 tahun, masih aktif mengajar Bahasa Indonesia di Universitas Teknik Ceko dan menerjemahkan berbagai karya sastra Indonesia.

Terakhir karya yang diterjemahkan adalah "Arjuna Wiwaha" ke dalam Bahasa Ceko. Prof. Dubovska juga merupakan saksi sejarah yang menulis Perjanjian Bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan RI-Ceko yang ditandatangani 31 Mei 1958 yang sampai saat ini masih menjadi landasan kerjasama antara Indonesia dan Ceko.

Dalam kesempatan itu Prof. Dubovska merasa terharu dan senang menerima bintang jasa tersebut. Selama ini Dubovska mempromosikan budaya dan bahasa Indonesia tidak pernah berharap mendapat apapun dari pemerintah Indonesia.

Dubovska juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Indonesia atas perhatiannya dengan memberikan penghargaan yang diberikan tepat pada saat peringatan HUT RI.

Acara Peringatan HUT RI ke-65, KBRI Praha dimeriahkan dengan mementaskan Wayang Golek Ajeng dengan lakon `Rama dan Shinta? oleh dalang kondang dari Kota Bekasi, Jawa Barat, Wawan Gunawan Ajen, Pameran Batik Bandung oleh Tetet Cahyati, dan Pameran Foto oleh Ray Bachtiar.

Rombongan kesenian Jawa Barat ini juga diundang Presiden Asosiasi Foklore Ceko untuk pentas di lima kota, antara lain Sumperk, Liptal, Praha, Plzen dan Velka Bystrice.

-

Arsip Blog

Recent Posts