Pelajar Inggris Nyanyikan Lagu “Burung Kakak Tua”

London, Inggris - Lagu "Burung Kakak Tua" dinyanyikan remaja berkulit putih dan bermata biru asal Inggris di lapangan Queens Park Community School London dalam acara Summer Proklamasi Gathering yang digelar KBRI London bersama Wadah Indonesia pada akhir pekan lalu.

"Para peserta kursus Indonesia yang ditujukan masyarakat Inggris yang ada di London itu ingin mempraktekkan kebolehan dengan bernyanyi," ujar Ketua Perhimpunan Wadah Masyarakat Indonesia, Aidinal Alrasyid kepada koresponden Antara London, Senin.

Peserta kursus bahasa Indonesia yang digelar setiap Minggu itu unjuk kemahiran dalam bernyanyi lagu berbahasa Indonesia. Mereka mendapat sambutan masyarakat Indonesia yang hadir dalam acara pesta rakyat termasuk Dubes RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia dan Ny Sandra Thamrin.

Sekitar 500 masyarakat Indonesia yang datang dari berbagai kota di Inggris seperti Manchester, Birmingham, Leed, Nothingham dan London sekitarnya tidak saja menikmati hiburan band yang dimainkan kelompok musik binaan KBRI London itu juga menikmati beragam makanan yang dijual oleh masyarakat Indonesia.

Acara pesta rakyat yang disponsori KBRI Inggris Raya dan Irlandia bersama perwakilan kantor Bank Negara Indonesia London, perwakilan Bank Indonesia London, dan perwakilan Bank Mandiri serta Atase Pendidikan dan Kebudayaan berlangsung meriah meskipun hujan membasahi lapangan bekas sekolah Indonesia London.

"Acara pesta rakyat ini memang dari masyarakat untuk masyarakat," ujar Aidinal Alrasyid yang juga aktif dalam memperkenalkan pencak silat di kalangan masyarakat Inggris.

Dikatakannya acara ini bukan hanya untuk orang Indonesia, tapi untuk orang yang punya kepentingan atau ketertarikan kepada Indonesia.

Pesta Rakyat yang digelar dalam rangkaian memperingati ulang tahun RI ke 65 antara lain diisi dengan berbagai kegiatan lomba olahraga seperti bola volley, ping pong, sepak bola, futsal dan tarik tambang yang diikuti dengan pesta rakyat yang digelar di Queens Park Community School, Aylestone Avenue, London

Bazaar yang menjual makakan Indonesia mulai dari bakso, pempek, siomai, lontong sayur, nasi Padang campur serta sate Padang serta rujak serut itu habis dibeli masyarakat yang rindu akan makanan Indonesia.

Kang Ardhy yang menjual bakso serta rendang padang dan dendeng cabe ijo, sambal balado jengky, dagangannya sudah habis dipesan sebelum acara dimulai.

Begitupun dagangan Tiwi Pryce yang baru merintis usaha menjual makanan ringan Indonesia dengan Indo Direct Foods Ltd (?IDF?) perusahaan yang dimiliki dan dioperasikan di Indonesia berusaha untuk memperkenalkan makanan ringan seperti rempeyek kacang, tempe dan ikan teri serta bubur instant itu .

Misi kami adalah untuk diakui sebagai pemasok terpercaya kualitas makanan dan minuman Indonesia produk yang dijual langsung ke publik melalui internet, ujar Tiwi yang sehari hari bekerja di daerah perkantoran bergensi Canary Wharf.

Tiwi yang berusaha memperkenalkan makanan Indonesia di Inggris itu memberikan pelayanan dengan cara pemesanan online.

Sementara itu, Dian Pangestuti Neilson yang ikut meramaikan dengan menjual rujak serut dan nasi uduk serta lapis Surabaya mengakui merasa senang mendapat kesempatan untuk ikut berjualan makanan.

Menurut Dian, acara pesta rakyat terkesan kurang dirancang dengan rapih selain cuaca yang tidak memungkinkan yang sebentar bentar hujan itu seharusnya panitia menyediakan tenda yang cukup besar untuk yang jualan.

Diakuinya, untuk ikut meramaikan pesta rakyat ia membutuhkan kerja ekstra, persiapan seminggu sebelum masak tidak mudah sambil mengurus tiga anak laki-laki di rumah yang sedang libur sekolah, saat di dapur ada-ada saja yang mereka inginkan, kadang harus melerai ketika mereka berkelahi di tengah-tengah kesibukan memasak.

"Saya benar-benar sangat menghargai seorang yang mata pencahariannya berdagang, yang ketar-ketir menunggu pembeli, sungguh penuh harapan," ujar Dian.

Peringatan HUT RI ke-65 bertema "Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Sukseskan Reformasi Gelombang Kedua, Untuk Terwujudnya Kehidupan Berbangsa Yang Makin Sejahtera, Makin Demokratis dan Makin Berkeadilan".

Koordinator Umum HUT ke-65 Proklamasi Kemerdekaan RI, Nurchahyanto Subandi, Atase Pertahanan, mengatakan, upacara Pengibaran Bendera yang akan diselenggarakan pada Selasa, 17 Agustus 2010 bertempat di Wisma Nusantara, Bishop`s Grove, The Bishop`s Avenue, London.(*)

-

Arsip Blog

Recent Posts