Suku Sakai Diminta Lestarikan Budaya

Bengkalis, Riau - Lembaga Adat Melayu Sakai Riau (LAMSR) meminta agar warga suku sakai yang ada di Kecamatan Mandau dan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Riau, untuk melestariakn budaya asli sakai dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua LAMSR, Muhammad Yatim, kepada ANTARA di Bengkalis, Sabtu, mengatakan, pelestarian budaya suku sakai merupakan wujud kecintaan warga Bengkalis atas kebudayaan lokal.

"Budaya sakai hari kehari semakin jarang dipamerkan dalam setiap acara, baik acara lokal dan nasional. Padahal diantara budaya itu terdapat keunikan yang harus ditonjolkan sebagai keragaman warna suku di Provinsi Riau," ucapnya.

Sebagai contoh, terangnya, sakai memliki budaya tradisi pakaian yang terbuat dari kulit atau pelepah pohon. Menurutnya, jika hal ini dipertontonkan, maka akan memberi kesan unik tersendiri.

"Selain itu, sakai juga sebenarnya memiliki tarian khusus, yang seharusnya dibudayakan dan dijadikan salah satu motto Riau. Hal ini mengingat sakai juga merupakan suku pedalaman yang hanya ada di Riau," paparnya.

Pada kesempatan terpisah, Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh, menganggap suku sakai merupakan suku nenek moyang masyarakat Riau yang penuh dengan ragam keunikan.

"Banyak memang yang mengetahui sakai dan budayanya. Namun banyak juga yang tidak paham. Saya sangat khawatir budaya sakai justru terimbas kemajuan zaman. Apalagi generasi muda tidak mau menggali budaya mereka sendiri," ucap Herliyan.

Herliyan mengharapkan agar para orang tua sakai mewariskan sejarah yang benar terhadap generasi muda, seperti sejarah persukuan hingga tradisi-tradisi yang biasa dilakukan dalam persukuan.

"Termasuk petang-megang menjelang Ramadan yang saat ini hanya dilakukan beberapa kota/kabupaten saja," tuturnya.

Petang-megang atau bersuci diri menurut Heliyan merupakan satu-satu budaya sakai yang masih bertahan atau dilestarikan. Namun banyak kebudayaan sakai lainnya yang belum dilestarikan.

"Hal ini yang harus mulai ditanamkan ke generasi muda kita agar mereka tidak lupa dengan kebudayaan asli Riau ini," ringkasnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts