Tana Toraja Kembangkan 8 Obyek Wisata

Tana Toraja, Sulsel - Kabupaten Tana Toraja, sebagai daerah wisata yang cukup terkenal, memiliki delapan objek wisata unggulan yang akan dikembangkan.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tana Toraja, Yosiade di Toraja, Senin (16/8/2010) mengatakan, masing-masing obyek wisata tersebut memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri. "Kedelapan objek wisata unggulan tersebut adalah panorama Buntu Burake, Tongkonan Tumbang Datu-Bebo, Agro Pango-Pango, air terjun Sarambu Assing, dinding pahat Lemo, wisata Sirope, pemandian alam Tilangnga, dan perumahan adat Sillanan," jelasnya.

Sebagian besar obyek wisata tersebut adalah obyek wisata alam, dan beberapa di antaranya sudah dikenal oleh wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Pada dasarnya, kawasan obyek wisata yang terdapat di Tana Toraja merupakan wisata yang memiliki ciri khas dan bernuansa tradisional. "Nuansa tradisional inilah yang menjadi daya tarik tersendiri sebagai obyek wisata," katanya.

Menurut Yosiade, kedelapan obyek wisata ini harus mendapatkan perhatian yang serius karena Tana Toraja dinominasikan sebagai salah satu dari 23 situs dalam daftar World Heritage Culture oleh Uesco.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Tana Toraja masih melakukan survei terhadap sejumlah daerah yang berpotensi menjadi obyek wisata. Kehadiran obyek wisata unggulan ini juga dapat menjadi lokomotif bagi pembukaan peluang usaha masyarakat sekitar seperti kerajinan tangan. "Hanya saja, akses jalan untuk memasuki kawasan wisata tersebut masih menjadi kendala yang cukup besar," katanya.

-

Arsip Blog

Recent Posts