Wisata Gua dengan Ribuan Kelelawar Diminati Wisman

Semarapura, Bali - Objek wisata Gua Lawah di Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, yang di dalamnya dihuni ribuan kelelawar, diminati wisatawan mancanegara.

"Setiap hari rata-rata ada 200 wisatawan mancanegara yang berkunjung ke gua ini. Peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara ini mulai terlihat sejak pertengahan Juli lalu," kata pengelola kawasan wisata Gua Lawah I Putu Juliadi di Klungkung, Rabu (4/8).

Banyaknya wisatawan asing itu memberikan berkah kepada para pedagang serta Pemerintah Kabupaten Klungkung. Karena semakin meningkat kunjungan, maka pendapatan asli daerah (PAD) akan meningkat pula.

"Kondisi ini kami perkirakan akan terjadi sampai September mendatang, karena saat ini memang musimnya ramai kunjungan wisatawan asing," ujarnya.

Ia menyebutkan, wisatawan dari Eropa yang mendominasi kunjungan itu, sedangkan wisatawan lainnya, seperti Jepang dan China mengalami penurunan drastis.

Padatnya kunjungan wisatawan itu, biasanya terjadi pada pukul 11.00 Wita sampai dengan 14.00 Wita, karena pada waktu itu banyak wisatawan asing yang lewat di Kabupaten Klungkung untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Karangasem.

Untuk bisa masuk objek wisata yang juga terdapat pura peninggalan abad ke-11 itu, sambung Juliadi, para pengunjung, baik wisatawan asing maupun domestik dikenakan biaya masuk Rp6.000.

"Untuk masuk ke pura peninggalan Mpu Kuturan itu, pengunjung domestik maupun mancanegara wajib mengenakan kemben atau sarung khas Bali," ujarnya.

Ia menambahkan, bagian yang paling menarik di objek wisata seluas dua hektare dan berjarak 49 kilometer ke timur dari kota Denpasar itu adalah sebuah gua, yang terletak di bagian paling dalam kompleks pura.

Menurut cerita, gua itu merupakan jalan para naga (kendaraan Bhetara) yang tembus ke Gunung Agung, Besakih dan Karangasem. Karena sakralnya gua itu, pengelola melarang para wisatawan untuk masuk ke dalam yang diyakini dihuni ular sanca sebesar pohon kelapa itu. (Ant/OL-02)

-

Arsip Blog

Recent Posts