Balikpapan Gelar Festival Pangan 2010

Balikpapan, Kaltim - Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) masih memilih jalur Festival Pangan untuk melahirkan produk pangan berkualitas terbaik dan telah memenuhi standart mutu pangan yang laik konsumsi, produksi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Bertitel Festival Pangan 2010, pada 24-27 September di Balikpapan Trade Center (BTC) kawasan The Plaza Balikpapan, Dinas Perindagkop bakal menggelar sekaligus memberikan penilaian produk apa saja yang berhak digelari produk terbaik kategori makanan dan minuman.

Kepala Dinas Perindagkop, H Ahmad Ilhamsyah diwakili Kepala Bidang (Kabid) Perindustrian sekaligus Ketua Panitia Festival Pangan 2010, Anang Yahya, kepada Metro, kemarin menuturkan, sampai sekarang, ajang ini diikuti tak kurang 50 jenis produk dari puluhan peserta. "35 produk makanan dan sisanya (15 produk) dari jenis cendramata," jawabnya.

Masing-masing peserta, tambahnya, boleh melombakan lebih dari 1 produk tanpa dikenakan biaya. Dengan harapan agar ajang skala lokal ini memacu pelaku UMKM lainnya untuk menjadi lebih kreatif dalam menciptakan sebuah produk. Disamping itu agenda rutin tahunan ini juga mengundang pelaku usaha pendatang baru untuk memperkenalkan produk buatannya ke khalayak.

Itu sebabnya hingga saat ini panitia masih membuka kesempatan bagi UMKM yang hendak mendaftarkan dirinya. "Bisa langsung menemui panitia di kantor Dinas Perindagkop Jalan Ruhui Rahayu pendaftaran ditutup sampai 23 September," tambahnya. Tahun sebelumnya, kegiatan tersebut diikuti sekira 30 peserta dengan 50 produk yang pamerkan. Produk makanan mendominasi ajang yang juga digelar di BTC.

Produk inovatif yang membutuhkan kreatifitas tinggi juga banyak ditemukan kala itu. Di antaranya brownies ikan kakap dan brownies wortel. Ada juga kripik jamur yang kabarnya meraih salah satu gelar dari kategori yang dilombakan. Diperkirakan Festival Pangan tahun ini, bakal memunculkan produk pangan terbaru seiring meluasnya kemampuan pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya.(dra)

-

Arsip Blog

Recent Posts