Benteng Buton Jadi Kawasan Khusus

Baubau, Sultra - Benteng Keraton Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), yang merupakan salah satu benteng terpanjang dan terluas di dunia, akan ditetapkan menjadi Kawasan Khusus Nasional.

"Saat ini rekomendasi untuk penetapan kawasan khusus tersebut telah ditandatangani oleh Gubernur Sulawesi Tenggara, dengan nomor surat; 640/3365/2007," kata Kepala Kidang Perencanaan Tata Ruang Kota Baubau, Alimudin di Baubau, Kamis.

Menurut dia, pengusulan Benteng Keraton Buton ini didasarkan pada Undang-Undang nomor 32/2004 tentang pemerintahan daerah, Undang-Undang nomor 26/2007 tentang tata ruang, dan peraturan pemerintah 43/2010 tentang tata cara penetapan penetapan khusus.

Ia menambahkan, dengan ditandatanganinya rekomendasi dari gubernur, Benteng Keraton Buton yang berada di jantung Kota Baubau itu akan memiliki status kawasan khusus yang mempunyai ciri khusus, fungsi dan perlakuan khusus.

Menurut dia, apabila Benteng Keraton Buton dapat ditetapkan menjadi suatu kawasan khusus, maka bangunan yang ada di dalamnya juga harus disesuaikan dengan ciri khas Buton.

"Kami menghimbau kepada masyarakat lingkungan benteng keraton, agar dapat menyesuaikan perilaku hidup dalam Benteng Keraton, baik dari tata krama dan tata cara kehidupan semua berciri khas Buton," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, surat rekomendasi gubernur mengenai kawasan khusus benteng keraton ini, akan ditindaklanjuti menjadi pemerintah daerah, yang selanjutnya segera diusulkan kepada Presiden Republik Indonesia.

-

Arsip Blog

Recent Posts