Berwisata Sambil Menyaksikan Pentas Seni Tradisional di Pantai Slopeng

Sumenep, Madura - Melakukan perjalanan wisata di hari Lebaran, bila tujuan Anda Pulau Madura, Jawa Timur, Anda bisa menyempatkan diri dan keluarga menyaksikan berbagai pentas seni tradisional. Salah satunya adalah seni tradisional khas Kabupaten Sumenep, sebagaimana yang digelar di Pantai Slopeng, Kecamatan Dasuk, Kamis (16/9) ini.

"Untuk menghibur wisatawan yang merayakan Lebaran ketupat di Pantai Slopeng," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumenep, Mohammad Natsir, hari ini.

Berbagai kesenian yang dipentaskan oleh masyarakat sekitar Pantai Slopeng yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata itu, antara lain pentas musik tong-tong, jaran serek (kuda jingkrak), ayam sapsap (ayam terbanga), kesenian Ojung, perahu layar dan berbagai pentas tari-tarian khas Sumenep. "Mainan anak-anak juga ada," ujar Natsir.

Menurut dia, pentas kesenian sudah menjadi tradisi rutin saat Lebaran ketupat, selain memberikan hiburan, kegiatan ini juga bertujuan melestarikan dan mengenalkan kekayaan kesenian Sumenep ke wisatawan luar, sehingga diharapkan mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk selalu berlibur di Kabupaten Sumenep. "Seperti kesenian Ojung sudah nyaris punah, dengan adanya kegiatan ini bisa tetap bertahan," katanya.

Biasanya pentas seni ini rutin digelar di Pantai Lombang, namun tahun ini, Natsir melanjutkan, dialihkan ke Pantai Slopeng menyusul belum adanya penyelesaian sengketa lahan Pantai Lombang antara warga dan pemerintah daerah. "Kita juga ingin promosikan bahwa wisata di Sumenep bukan hanya pantai Lombang," ujarnya.

Meski sedang dalam sengketa, lokasi wisata Pantai Lombang tetap dibuka bagi wisatawan yang ingin berlibur. Natsir mengatakan, demi kenyamanan wisatawan pihaknya menggratiskan biaya masuk dan parkir kendaraan di pantai tersebut.

Sunanto, warga Banyuwangi yang melihat pentas seni Pantai Slopeng, mengaku terhibur dan tidak sia-sia berlibur di Kabupaten Sumenep. "Yang penting pantainya masih asri dan bersih, warga Slopeng juga ramah menyambut pelancong," tuturnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts