Dicari, Duta Wisata 2009

Malinau, Kalimantan Timur - Tahun ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Malinau kembali menggelar ajang pemilihan Duta Wisata (Duwis) Malinau 2009. Pemilihan Duta wisata tersebut digelar Disparbud bekerja sama dengan Intimung Modelling Agency (IMA).

“Harapan kami juga bisa menggandeng media-media yang ada,” ungkap Ketua Panitia Pelaksana, Alma Wiranta Parani.

Pendaftaran Duwis Malinau dilakukan selama 13 hari yaitu mulai hari Senin (23/11) kemarin hingga 5 Desember mendatang. Pendaftaran, terang Alma, terbuka untuk remaja, pelajar, mahasiswa, maupun umum yang memenuhi persyaratan dan kualifikasi yang telah ditetapkan panitia.

Pendaftaran dilakukan di Kantor Disparbud Malinau Jalan Pusat Perkantoran Pemda Malinau Gedung D Lantai 2, dan Sekretariat Intimung Modelling Agency Jalan Pelita Kanaan. Adapun persyaratan umum antara lain, putra-putri berusia 15-24 tahun dan belum menikah, tinggi minimal putra 165 cm dan 160 cm untuk putri, menguasai Bahasa Inggris (lisan dan tulisan), menguasai salah satu kesenian daerah, memiliki kepribadian serta penampilan menarik.

Pemilihan akan dibuka secara resmi oleh Bupati Dr Drs Marthin Billa MM, pada 9 Desember mendatang di Aula Tebengang Kantor Pemkab Malinau. “Pemilihan dilaksanakan untuk memilih putra-putri yang berpotensi mempromosikan pariwisata Malinau. Mereka akan dibekali pengetahuan umum tentang Kabupaten Malinau, kepariwisataan, wawasan kebangsaan, kepribadian unggul, dan menguasai Bahasa Inggris. Mereka nantinya akan tampil dalam even pariwisata baik tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional,” lanjut Alma.

Penilaian akan dilakukan oleh Dewan juri secara perorangan, serta hasil rekomendasi dari pengawas pada saat masa presentasi dan pembekalan, psiko tes, tes tertulis, interview, serta penampilan saat Grand Final.

Para pemenang akan diberikan penghargaan berupa uang pembinaan serta mendapatkan trofi dan piagam. Sedangkan untuk pemenang I Duta Wisata Malinau (Putra/Putri) berhak mewakili Malinau pada pemilihan Duta Wisata Putra Putri Mahakam Tingkat Provinsi Kaltim.

Dari informasi yang diperoleh dari panitia, hingga hari pertama ini telah tercatat sebanyak 57 peserta yang mendaftarkan diri sebagai calon peserta. Sebagian besar dari mereka adalah pelajar. Alma berharap peserta yang mendaftar lebih banyak lagi. (ida/kpnn)

-

Arsip Blog

Recent Posts