Enam Kades Berikrar, Hamparan Perak Jadi Objek Wisata Baru di Sumut

Medan, Sumatra Utara - Objek wisata baru bakal bertambah lagi di Sumatera Utara umumnya, dan di Kabupaten Deliserdang khususnya, menyusul ditandatanganinya "Ikrar Desa" oleh enam kepala desa (Kades) untuk menjadikan Kecamatan Hamparan Perak jadi destinasi wisata baru di daerah ini.

Enam Kades yang ikut menandatangani Ikrar Desa itu terdiri dari Kades Sei Baharu Jafar Siddik HB, Kades Hamparan Perak Khalil Munawar, Kades Klumpang Kampung Mahdi Kamaruddin, Kades Sialang Muda Zulnun, Kades Klambir Ibrahim dan Kades Lama Abdul Latif di objek Wisata Siba Island pada 21 November 2009.

Turut menyaksikan penandatangan Ikrar Desa Wisata itu antara lain Bupati Deliserdang diwakili Kadis Budpar M Iqbal Nasution, H. Syarifuddin Siba, SH, M.Hum dari PT SIba Islan Indonesia, Rahmat Sejati S.Sos (Camat Hamparan Perak) dan Aslim Rafina (ketua panitia) dan Sofyan Sauri (anggota DPRD Deliserdang).

Seminar distinasi baru HP

Penandatangan itu terlaksana setelah melalui seminar "Hamparan Perak (HP) distinasi Wisata Baru Provinsi Sumatera Utara" dibuka Bupati Deliserdang diwakili Kadis Budaya dan Pariwisata Deli Serdang Drs. M. Iqbal Nasution. Adapun sebagai pembicara dalam seminar yang dihadiri sedikitnya 100 tokoh-tokoh masyarakat Hamparan Perak, terdiri dari pembicara dari dalam Hamparan Perak yakni Owner Siba Island H. Syarifuddin Siba, SH, M.Hum, Drs. Benny Santoso, pengusaha dari Medan, sedangkan pembicara dari luar terdiri Dr. Indara UItama M.Si dari Bapedaldasu dan Kadis Infokom Sumut Drs. H. Eddy Sofian, M.Ap.

Kepala Dinas Infokom Sumatera Utara Drs. H. Eddy Sofyan dalam paparan seminar intinya menyebutkan, munculnya gagasan putra Hamparan Perak membangun Siba Island bukti nyata kemampuan putra Hamparan Perak akan dapat mewujudkan cita-cita masyarakat menjadikan Hamparan Perak jadi Daerah Tujuan Wisata baru di Sumatera Utara.

Sementara Drs. Benny Santoso berjanji sebagai langkah awal keterlibatannya dalam membangun objek wisata Hamparan Perak akan membangun "Plaza Desa" dan seratus unit rumah toko bercirikan khas klasikal kolonial mengingat Hamparan Perak pernah jadi pusat kerajaan pada zaman dahulu kala.

Kadis Budpar Deliserdang, M Iqbal Nasution mengatakan potensi wisata di Hamparan Perak yang ingin dibangun oleh masyarakat Hamparan Perak adalah gagasan yang muncul dari bawah perlu mendapat sambutan pemerintah dan potensi wisata yang dibangun akan dijadikan salah satu pengembangan ekonomi kerakyatan. (rel/hers)

-

Arsip Blog

Recent Posts